SEMANGAT MEMBARA DEMI PERDAMAIAN DALAM REGENERASI DUTA DAMAI

“Perdamaian tidak dapat dijaga dengan kekerasan, hal itu hanya dapat diraih dengan pengertian” Kutipan Albert Einstein ini masih tertanam didalam jiwa hati Irhas Abdul Hadi.  Tak ingin ia menjadi seorang yang melakukan tindakan kekerasan dan tak rela melihat perpecahan dalam negaranya yang damai dalam keanekaragaman. kaya akan budaya, bahasa, juga hasil bumi yang tidak bisa terhitung nilainya.

Terlihat wajah-wajah baru penuh semangat dalam forum workshop yang diadakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Dalam benakku inilah wajah-wajah yang telah berusaha semaksimal mungkin meluangkan waktu dan pikiran dalam tahap demi tahap seleksi Duta Damai Banten. Wajah yang nantinya menjadi pelopor-pelopor menggaungkan makna tentang solidaritas, toleransi untuk perdamaian Indonesia. Sekilas terlihat wajah bangga mereka masuk kedalam forum sakral untuk tujuan suci  yaitu menyebarkan perdamaian merangkul kerukunan untuk bangsa dan negara tercinta. Wajah tegas juga terlukis, menggambarkan mereka siap mengikuti Workshop ini walau banyak kesibukan yang harus mereka lakukan tapi, komitmen tetap untuk mengikuti kegiatan samapai akhir tidak menurunkan semangat mereka sama sekali.

Kegiatan demi kegiatan harus dilewati, dari mulai penanaman nilai spirit perdamaian, meningkatkan semangat untuk penangkalan aksi terorisme yang bisa membuat perpecahan, berbagai materi dan pelatihan yang disuguhkan secara apik oleh BNPT agar para Duta Damai siap membantu untuk menyebarkan konten-konten Perdamaian.

Para Abdi negara yang memberikan edukasi terlihat semangat memberikan wejangan dan arahan, wajah yang tidak kenal lelah walau kesibukan mereka yang luar biasa, harus rela bolak-balik keluar kota demi regenerasi Duta Damai terlaksana.

Kegiatan yang cukup menguras pikiran sama sekali bukan masalah meski 4 hari lamanya forum ini berjalan. Yang terpenting tujuan dari setiap orang yang berharap bisa membawa perdamaian, menjaga keutuhan, menumbuhkan rasa cinta terhadap negara, demi harapan para pendahulu yang telah berjuang mati-matian untuk kemerdekaan Indonesia. Hingga akhirnya biarkan generasi muda yang meneruskan perjuangan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia agar tetap damai samapai terwujudnya harapan yang tertuang dalam UUD 1945.

Oleh : Irhas Abdul Hadi

0 comments on “SEMANGAT MEMBARA DEMI PERDAMAIAN DALAM REGENERASI DUTA DAMAIAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?