5 MANFAAT HIDUP RUKUN DI MASYARAKAT

Hallo Sobat Damai !

Perlu kita ketahui bahwa sebagai manusia tentunya tidak bisa hidup sendirian. Sebagai makhluk social, manusia tentunya hidup berdampingan satu dengan yang lainnya. Dengan begitu, selayaknya sebagai manusia kita harus hidup rukun berdampingan. Kemudian apasih manfaatnya hidup rukun di masyarakat? Penasaran kan pasti hehehe langsung cekidot ajadeh yak

Berikut ini 5 manfaat hidup rukun di masyarkat

  1. Menghargai Perbedaan

Di Indonesia memiliki banyak sekali perbedaan, baik itu agama, ras, suku dan yang lainnya. Maka dari itu manfaat hidup rukun juga dapat melatih setiap individu untuk dapat mengembangkan sikap menghargai dan toleransi terhadap perbedaan yang ada.

  1. Saling Membantu

Ketika setiap invididu menerapkan hidup di masyarakat dengan rukun,  tentu saja saat menajalani kehidupan sehari – hari akan lebih mudah dan tidak segan untuk meminta tolong dan memberikan pertolongan terhadapa tetangga ataupun orang – orang terdekat yang membutuhkan.

  1. Saling Menjaga

Hidup dengan rukun, berarti setiap individu didalamnya akan saling menghargai dan juga peduli satu sama lain yang dapat membuat lingkungan kita akan menjadi lebih aman dan nyaman karena saling menjaga. Jika setiap individu memiliki kepedulian sangat besar dengan yang lainnya, maka hal ini juga dapat meminimalisir kejahatan – kejahatan yang terjadi dilingkungan kita.

  1. Membangun Persaudaraan Antar Masyarakat

Hidup rukun di masyarakat tentunya kita tidak dapat sendirian. Pasti membutuhkan pertolongan orang lain. Dengan begitu, sebagai makhluk sosial kita perlu memperbanyak tali persaudaraan agar menjadi hidup yang rukun, tentram serta nyaman dilingkungan yang kita tempati.

  1. Menciptakan Kehidupan yang Damai

Kehidupan yang damai adalah keinginan setiap manusia pada umumnya. Tentunya kondisi damai adalah tergantung kepada diri kita sendiri. Yakni diri yang dapat menerima perbedaan dari setiap manusia yang ada disekitar kita baik itu perbedaan agama, perilaku, ras, suku, budaya ataupun perbedaan – perbedaan lainnya.

Referensi :

Kompas.com Manfaat Hidup Rukun Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain

Merdeka.com. 7 Manfaat Hidup Rukun di Masyarakat

Penulis : Moh. Sopyan

0 comments on “5 MANFAAT HIDUP RUKUN DI MASYARAKATAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.