5 TIPS MENGATUR KEUANGAN GENERASI MILENIAL

Holla sobat damaiku! Bener gak sih kalo generasi milenial itu bisa dikatakan sebagai generasi yang boros? Wahh kalau seperti itu, lama – kelamaan hal ini akan menjadi sesuatu yang tidak baik, karena perbuatan boros adalah sebuah keadaan yang membuat kita menghabiskan uang secara berlebihan yakni diluar kemampuan. Eitss tapi gaboleh bingung dulu, karena tulisan kali ini adalah tentang “Tips Mengatur Keuangan Generasi Milenial”, gimana tertarik ga untuk baca? Jika iya, langsung saja beberapa tips untuk sobat damai dapat terapkan di kehidupan sehari – hari yak :

  1. Menabung

Dalam hidup ada proses yang namanya naik dan turun. Kita tidak dapat memperkirakan hal tersebut. Sehingga alangkah baiknya kita dapat menyisihkan berapa persen dari penghasilan yang kita dapat untuk di tabung. Misalnya kita dapat alokasikan 10 % atau 20% dari penghasilan setiap bulan kita untuk kita simpan ditabungan.

  1. Jangan Berhutang

Sobat damaiku, hindarilah berhutang jika kita tidak benar-benar membutuhkannya. Misalnya kita berhutang di pinjaman online atau pay later, nantinya berdampak pada saat kita gajian, fokus kita adalah untuk melunasi hutang tersebut bukannya untuk menabung ataupun investasi

  1. Investasi

Investasi adalah langkah yang tepat untuk mempersiapkan masa depan. Ada beberapa investasi yang dapat kita gunakan misalnya emas, saham, reksadana dan lain – lain sesuai dengan tingkat resikonya masing-masing. Untuk pemula atau awalan, pilihlah investasi yang memiliki tingkat resiko rendah.

  1. Memiliki Dana Darurat

Sudahkah sobat damaiku memiliki dana darurat? Memiliki dana darurat adalah guna untuk mengantisipasi hal-hal yang mendesak ataupun tak terduga misalnya terjadinya kecelakaan, sakit, dan yang lainnya.

Adapun total dan darurat kita adalah bisa dilihat dari setiap pengeluaran-pengeluaran kita dan jumlah orang yang ditanggung.

  1. Mempunyai Tujuan dan Rencana Keuangan

Hallo sobat damaiku, bagaimana apakah kalian sudah memiliki rencana atau tujuan keuanga? Memiliki tujuan dan rencana keuangan menjadi penting bagi kita untuk hidup yang nyaman. Seperti halnya kita dapat membuat rencana finansial sesuai dengan yang kita inginkan. Maka dari itu kita dapat membuat porposi sesuai dan tepat dengan porsinya.

Ada metode 50:30:20 dari pemasukan yang dimiliki pada tiap bulannya. 50% kita dapat gunakan untuk hidup sehari – hari dalam waktu 1 bulan, 30% dapat kita gunakan untuk menabung, investasi serta kebutuhan finansial lainnya yak, dan 20% kita dapat menggunakannya untuk kebutuhan komsumtif kita sehari hari dalam 1 bulan.

Referensi :

www.djkn.kemenkeu.go.id (Mengatur Keuangan Untuk Generasi Milenial)

www.bfi.co.id (7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Jelas Dan Tepat)

Penulis : Moh. Sopyan

0 comments on “5 TIPS MENGATUR KEUANGAN GENERASI MILENIALAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *