Hari Perayaan Kebangkitan Yesus bagi Umat Kristiani (Hari Paskah)

Hari Paskah adalah salah satu hari raya besar yang diperingati oleh umat Kristiani. Alkitab mencatat bahwa Paskah merupakan perayaan kebangkitan Yesus Kristus pada hari ketiga setelah di salib, yang menjadi salah satu peristiwa paling penting dalam hidup Yesus. Untuk mengetahui tentang hari Paskah, yuk simak penjelasan berikut!

  1. Hari Paskah tahun ini jatuh pada tanggal 18 April 2022

Tahun ini, Hari Paskah jatuh pada tanggal 18 April 2022. Paskah tahun ini sedikit berbeda dengan Paskah tahun 2020 dan 2021. Hal ini dikarenakan seluruh umat Kristiani dapat mengikuti ibadah secara langsung, bukan melalui online atau live streaming.

  1. Rangkaian acara Paskah untuk umat Kristiani

Perayaan Paskah umat Kristiani ditandai dengan sebuah rangkaian dari Pra Paskah hingga Paskah. Masa Pra Paskah dibuka dengan perayaan Rabu Abu, dilanjutkan dengan aksi puasa dan pantang selama 40 hari. Setelah itu, rangkaian Paskah ditandai dengan pekan suci, yakni lima hari ibadah atau misa umat kristiani. Lima hari ini mencakup Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci atau Malam Paskah, dan Minggu Paskah (Livia, 2021).

  1. Makna hari Paskah untuk Umat Kristiani

Bagi umat Kristiani Paskah merupakan hari kemenangan dan harapan. Yesus berhasil mengalahkan maut dan bangkit dari kematian, setelah mengalami penderitaan di kayu salib. Kebangkitan Yesus menunjukkan bahwa Dia menjanjikan manusia kehidupan yang kekal, melampaui dosa dan maut. Alkitab pada kitab Yohanes 3 : 16 mengatakan “Karena demikianlah Allah mengasihi isi dunia ini, sehingga dikaruniakan-Nya Anak-Nya yang tunggal itu, supaya barangsiapa yang percaya akan Dia jangan binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”. Paskah pun menjadi bukti nyata atas semua ajaran Yesus. Ia membuktikan bahwa dirinya anak Allah dan datang ke dunia untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa dan maut.

Selamat Hari Raya Paskah untuk seluruh umat Kristiani. Kiranya kasih dan damai sejahtera dari Allah Bapa selalu melindungi setiap kita. Salam Damai

Oleh : Yohanes Kasih Tua

Referensi

Livia, K. (2021, Maret). IDN TIMES. Diambil kembali dari IDN TIMES: www.idntimes.com

0 comments on “Hari Perayaan Kebangkitan Yesus bagi Umat Kristiani (Hari Paskah)Add yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *