Inilah 5 Alasan Kenapa Kita Harus Nonton Film Indonesia!

Peringatan Hari Film Nasional setiap tahun terjadi di tanggal 30 Maret. Penepatan tanggal ini mengacu pada hari pertama syuting film Darah dan Doa yang yang diproduksi tahun 1950 oleh bapak perfilman Indonesia, Usmar Ismail. Darah dan Doa menjadi film pertama yang diproduksi oleh orang dan perusahaan Indonesia. Sejarah singkat ini tentunya mengajak kita untuk semakin menyadari pentingnya peran kita dalam memajukan perfilman Indonesia yaitu dengan menonton film-film dari dalam negeri. Lalu, kenapa kita harus perbanyak nonton film Indonesia? Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Ceritanya Relatable

Film lokal umumnya diangkat dari kisah yang dekat dengan orang Indonesia. Mulai dari segi budaya, sejarah, hingga gambaran kehidupan sehari-hari. Karena background budaya yang sama, biasanya humor yang muncul jadi lebih relate, bahkan film horror terasa lebih seram. Hal ini tentunya tidak dapat kita temukan apabila kita menonton film yang berasal dari luar negeri.

2. Akses Nonton Secara Legal Yang Makin Gampang

Makin banyak platform streaming yang menyuguhkan kita film-film lokal, misalnya Netflix, iFlix, Disney + Hotstar hingga Mola TV. Dengan harga yang terjangkau, akses nonton berbagai film lokal pun jadi makin gampang. Ketika kita menonton secara legal, ini merupakan bentuk dukungan kita terhadap industri perfilman di Indonesia.

3. Film Indonesia Kini Makin Keren

Film-film buatan Indonesia sudah banyak yang go international. Beberap film seperti “Penyalin Cahaya” , “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” , “Yuni” , “Laut Memanggilku” , dan “Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak” yang berhasil tembus ke  Busan International Film Festival. Kelima film ini merupakan contoh dari banyaknya film Indonesia yang sudah diakui oleh Dunia.

4. Bikin Sineas Lokal Makin Semangat

Hal ini terlihat dari banyaknya produksi film yang dibuat di Indonesia. Sepanjang tahun 2020 terdapat 289 film layar lebar belum termasuk film pendek, documenter, maupun animasi.

5. Nonton Nggak Perlu Pakai Subtitle

Hal ini merupakan yang terpenting bagi kita yang sudah terbiasa fokus kepada alur sebuah film, tanpa perlu repot untuk memperhatikan takarir (subtitle). Hal ini tentunya tidak berlaku untuk semua film Indonesia, terdapat juga film yang lebih banyak meggunakan Bahasa daerah yang tentunya kita perlu membaca takarir agar dapat memahami.

Nah, sekarang kita sudah tahu alasan mengapa kita perlu memperbanyak menonton film Indonesia. Oleh karena itu, mari kita mendukung perfilman Indonesia agar industry perfilman kita semakin diakui oleh negara-negara di dunia.

Penulis: Yohanes Kasih Tua

0 comments on “Inilah 5 Alasan Kenapa Kita Harus Nonton Film Indonesia!Add yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *