Yuk Mengenal Peristiwa Isra’ Mi’raj

Apa itu Isra’ Mi’raj?

Peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan peristiwa penting bagi umat Islam di dunia. Pada kesempatan ini Nabi Muhammad SAW diperintahkan untuk menunaikan shalat fardhu 5 waktu. Isra’ Mi’raj ini terjadi pada tanggal 27 Rajab 621 M dan pada saat itu usia Nabi Muhammad SAW berusia 51 tahun.

Isra’ adalah perjalanan kenabian dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqsa dengan jarak antara dua masjid pada adalah 1239 km. Pada saat itu, Rasulullah menaiki Buraq yang ditemani oleh malaikat Jibril AS dan malaikat Israfil AS. Buraq adalah binatang seperti kuda tetapi lebih kecil, lebih besar dari keledai, memiliki sayap, ukuran badan yang panjang dan begitu melangkah jarak yang ditempuh bisa sejauh mata memandang.

Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Al-Aqsha menuju Sidratul Muntaha, kemudian dalam perjalanannya Baginda bertemu dengan Nabi-nabi di setiap langit sampai langit ketujuh, yaitu:

  1. Nabi Adam AS di langit pertama
  2. Nabi Isa AS dan Nabi Yahya di langit kedua
  3. Nabi Yusuf AS di langit ketiga
  4. Nabi Idris AS di langit keempat
  5. Nabi Harun AS di langit kelima
  6. Nabi Musa AS di langit keenam
  7. Nabi Ibrahim AS di langit ketujuh

Kemudian Rasulullah SAW naik ke Sidratul Muntaha untuk menemui Allah SWT, di sana Allah SWT memerintahkan umat Nabi Muhammad SAW untuk menunaikan shalat fardhu 50 waktu sehari. Nabi Muhammad SAW terkejut dengan perintah tersebut, tentu dengan banyak pertimbangan, yang paling utama karena Rasulullah SAW sangat mencintai umatnya, Baginda Nabi meminta keringanan kepada Allah SWT, hingga akhirnya Allah SWT mengabulkan permintaan Baginda Nabi lalu shalat fardhu menjadi hanya 5 waktu, yaitu:

  1. Subuh
  2. Dzuhur
  3. Ashar
  4. Maghrib
  5. Isya

Bagi umat Islam, yang dilakukan untuk mengamalkan hari Isra’ Mi’raj yaitu melakukan salat malam, membaca Al-Quran, serta berdoa kepada Allah SWT. Pada hari ini juga, umat Islam didorong untuk menjalani suatu hari dengan memberikan kebajikan bagi orang tua, dan sesama, memperkuat silahturahmi bersama keluarga, serta beramal.

Penulis: Devia Zilka

0 comments on “Yuk Mengenal Peristiwa Isra’ Mi’rajAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.