KEADILAN SOSIAL?

Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengukuhkan Hari Keadilan Sosial Sedunia dirayakan pada 20 Februari di setiap tahunnya. Tanggal ini ditetapkan pada November 2007 dalam sidang tahunan Majelis Umum PBB. Peringatan Hari Keadilan Sosial Sedunia dimaksudkan untuk melihat bagaimana keadilan sosial mempengaruhi peradaban dan pembangunan manusia di dunia. Namun, apa sebenarnya arti keadilan sosial? Yuk, simak penjelasan berikut.

Keadilan sosial merupakan hak bagi setiap warga negara Indonesia yang hidup bersama dalam negara ini. Perlakuan hukum tidak dibedakan antar golongan atas maupun golongan bawah, semua berhak mendapatkan hukum yang adil dan setara sama yang lainnya. Secara umum seseorang bisa dikatakan bahwa orang yang tidak adil adalah orang yang tidak patuh terhadap hukum (unlawful, lawless) dan orang yang tidak fair (unfair), makjustic yang adil adalah orang yang patuh terhadap hukum (law-abiding) dan fair. Karena tindakan memenuhi atau mematuhi hukum adalah adil, maka semua tindakan pembuatan hukum oleh legislatif sesuai dengan aturan yang ada adalah adil.

Setiap tindakan yang cenderung untuk memproduksi dan mempertahankan kebahagiaan masyarakat adalah adil. Dengan demikian keadilan bisa disamakan dengan nilai-nilai dasar sosial. Keadilan yang lengkap bukan hanya mencapai kebahagiaan untuk diri sendiri, tetapi juga kebahagiaan orang lain. Seperti yang ditunjukkan oleh sikap Soekarno yang memprioritaskan keadilan dan menjunjung tinggi nilai hak-hak asasi manusia dalam konsep hidup berbangsa dan bernegara.

Hal ini juga yang tertuang dalam prinsip kelima Pancasila. Keadilan sosial harus ada dalam hidup dan keadilan sosial syarat mutlak dan penting dalam kehidupan yang harus ditanam di perasaan hati manusia, yaitu manusia sebagai makhluk individu dan juga sebagai makhluk sosial, sehingga semua manusia adalah sama adanya.

Atas dasar ini, agar negara kita negara yang dapat menjalankan keadilan sosial, kita harus memiliki kesadaran tersendiri akan pentingnya untuk berperilaku adil di dalam hidup ini. Kita juga harus mengerti bahwa semua manusia adalah sama. Sehingga kita memiliki pola pikir bahwa tidak ada garis pembeda antara umat manusia. Dan juga kita harus menanamkan nilai keadilan sosial sejak dini, agar kita dapat memiliki pemimpin – pemimpin yang memiliki nilai keadilan sosial, serta dapat menerapkan nilai tersebut dalam masyarakat.

Penulis: Yohanes Kasih Tua

0 comments on “KEADILAN SOSIAL?Add yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.