Beberapa Manfaat Kesehatan Memiliki Hobi

Ketika kamu memiliki waktu senggang apa yang biasanya kamu lakukan? Jika kamu kerap melakukan kegiatan yang sama dan itu menyenangkan, bisa dikatakan itu merupakan sebuah hobi. Terdapat beragam jenis aktivitas yang bisa disebut sebagai hobi, mulai dari membaca, menulis, melukis, olahraga, atau rebahan sambil menonton film.

Ternyata memiliki hobi tidak hanya menyenangkan, tetapi membawa dampak positif bagi kesehatan mental dan fisik. Untuk jangka waktu yang panjang, memiliki hobi akan membantu meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Penasaran apa saja manfaat dari memiliki hobi? Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Meningkatkan kreativitas

Memiliki hobi seperti melukis, menulis, membaca, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan seni tentunya dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Kreativitas tentunya sangat dibutuhkan dalam setiap aspek kehidupan. Seseorang yang kreatif biasanya memiliki ide yang jarang dimiliki orang lain (out of the box) dalam memecahkan masalah. Sehingga mereka memiliki beragam jenis solusi untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

2. Memperlambat perkembangan demensia

Seiring bertambahnya usia, fungsi tubuh pun mulai menurun. Berbagi sel di dalam tubuh mulai mengalami penurunan, tidak terkecuali sel otak. Penurunan fungsi sel otak tentunya dapat memicu berbagai kondisi, salah satu yang umum terjadi ialah demensia. Demensia merupakan sebuah penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir. Kondisi ini mempengaruhi gaya hidup, kemampuan bersosialisasi, hingga aktivitas sehari-hari

3. Memperbaiki mood

Melakukan kegiatan yang kita suka, tentunya merupakan hal yang membuat kita bahagia. Apalagi jika kegiatan tersebut melibatkan kegiatan fisik, seperti berolahraga. Aktivitas tersebut tentunya dapat memicu produksi hormon dopamine, norepinefrin, dan serotonin yang dapat meningkatkan mood. Hormon-hormon ini juga membantu untuk mencegah kecenderungan depresi pada seseorang.

4. Mengasah kemampuan pemecahan masalah

Secara tidak sadar, hobi juga menolong kita untuk bisa memiliki kemampuan dalam pemecahan masalah. Apabila aktivitas tersebut kita lakukan secara konsisten dan berkala. Menurut World Economic Forum, kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu yang paling dibutuhkan di tahun 2025. Aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan ini seperti bermain puzzle atau video game yang memiliki tingkatan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja dampak positif dari memiliki hobi. Oleh karena itu, mari lakukan hobi yang positif agar dapat meningkatkan kualitas hidup kita di masa mendatang.

Penulis: Yohanes Kasih Tua

0 comments on “Beberapa Manfaat Kesehatan Memiliki HobiAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *