Sejarah Kelahiran NU (Nadhlatul Ulama)

Tanggal 31 Januari merupakan tanggal yang bersejarah bagi umat muslim yang tergabung dalam organisasi terbesar Islam di Indonesia yaitu NU (Nadhlatul Ulama). NU (Nadhlatul Ulama) lahir pada tanggal 31 Januari 1926. Sejarah lahirnya organisasi Ahlussunnah wal Jama’ah sebagai kelompok ahli tafsir, ahli hadis, ahli fikih ini tak lepas dari peran dan perjuangan kalangan pesantren. Simak sejarah kelahiran NU (Nadhlatul Ulama) berikut berdasarkan informasi dari website resimnya.

  1. Tahun 1916, kalangan pesantren mendesak kolonialisme dengan membentuk organisasi bernama Nadhlatul Wathan yang bergerak demi Kebangkitan Tanah Air.
  2. Tahun 1918, masih dari kalangan pesantren terbentuklah kelompok dengan nama  Nadhlatul Fikr atau Kebangkitan Pemikiran. Kelompok ini memiliki visi untuk mengembangkan pemikiran para santri dalam bidang sosial, politik, dan keagamaan.
  3. Tak lama dari tahun 1918 muncul kembali pergerakan bernama Nadhlatul Tujjar oleh para sudagar atau pedagang. Tujuan kelompok ini adalah untuk memperbaiki ekonomi rakyat kala itu.
  4. Tahun 1926, hadir sebuah organisasi bernama Nadhlatul Ulama (Kebangkitan Ulama) atau sering disingkat dengan NU. NU didirkan oleh K.H Hasyim Asy’ari. Organisasi ini berkaca pada organisasi sebelum-sebelumnya dalam menentukan arah dan pandangan ber-sosialisasi, ber-politik, dan ber-agama. Organisasi ini juga hadir untuk mengantisipasi perkembangan zaman.

Bila dilihat dari awal mula jenis pergerakannya, NU (Nadhlatul Ulama) merupakan gabungan dari organisasi-organisasi yang telah berdiri sebelumnya dalam menangani permasalahan sosial, politik, mazhab (penggolongan suatu hukum), dan kebangsaan bertanah air. Hingga saat ini organisasi masyarakat NU (Nadhlatul Ulama) telah berkembang sangat pesat. Di usia nya yang ke 96 tahun keberadaan NU (Nadhlatul Ulama) tak terbatas hanya di lingkup pesantren saja, melainkan sudah menjalar pada universitas, sekolah, bahkan rumah sakit.

Referensi:

Kompas.com. (2021, December 22). Sejarah Berdirinya NU: Lahir dari Pemikiran Para Kiai. Retrieved from Kompas.com News Nasional: https://nasional.kompas.com/read/2021/12/22/08345821/sejarah-berdirinya-nu-lahir-dari-pemikiran-para-kiai page=all#:~:text=Ormas%20ini%20didirikan%20di%20Surabaya,Chasbullah%2C%20dan%20KH%20Bisri%20Syansuri.&text=Pendirian%20organisasi%20ini%20bermula%20d

NU (Nadhlatul Ulama). (2022, January 30). Sejarah. Retrieved from NU Online: https://www.nu.or.id/page/sejarah

Penulis: Rifa Qutratunisa

 

0 comments on “Sejarah Kelahiran NU (Nadhlatul Ulama)Add yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.