Sejarah terjadinya perubahan nama hari Sosial Menjadi Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN)

Ada apa sebenarnya dengan tanggal 22 Desember ini???

Banyak yang mengatakan bahwa di tanggal ini adalah hari kesetiakawanan sosial nasional.

Tetapi apakah kalian tahu awal mulai atau sejarah terjadinya hari kesetiakawanan sosial nasional ini??

Buat yang penasaran, kuy – kuy baca tulisan ini sampai akhir yak.

Dilansir dari news.detik.com, pada bulan Juli 1949 tepatnya di Yogyakarta, sejarah hari kesetiakwanan sosial nasional diawali karena adaya sebuah penyuluhan sosial dan kursus bimbingan sosial bagi calon sosiawan atau pekerja sosial kepada masyarakat oleh kementrian sosial.

Hasil mengutip dari situs kemensos juga, bahwa hal tersebut dilakukan karena dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan – permasalahan sosial akibat perang pada tahun 1945 silam. Nah bagaimana apakah sudah cukup jelas perihal awal mula terlahirnya hari kestiawkawanan sosial nasional? Kalau belum, saya lanjutkan yak pembahasannya.

Perlu kita ketahui, sejarah hari kesetiakawanan sosial nasional berlanjut pada perubahan nama hari sosial menjadi hari kebhaktian sosial. Namun hasil akhirnya namanya berganti menajdi menajdi hari kesetiaawanan sosial nasional.

Berikut kronologi peristiwa terjadi perubahan nama hari sosial yang saya lansir dari news.detik.com yaitu :

  1. Hari Sosial ke 1 atau pertama kali yang diperingati pada tanggal 20 Desember 1958 dicetuskan oleh Menteri Sosial, H Moeljadi Djojomartono.
  2. Peringatan yang ke XIX tanggal 20 Desember 1976 oleh Menteri Sosial, HMS Mintardja SH. Nama Hari Sosial berubah menjadi Hari Kebaktian Sosial.
  3. Peringatan yang XXVI tanggal 20 Desember 1983 oleh Menteri Sosial, Nani Soedarsono SH. Nama Hari Kebaktian Sosial berubah lagi menjadi Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional.
  4. Pada peringatan HKSN 2015, Menteri Sosial RI mengeluarkan kebijakan yaitu Permensos no 10 tahun 2015 tentang pedoman penyelenggaraan penguatan
    kesetiakawanan sosial, yang didalamnya tercantum pembudayaan Kesetiakawanan Sosial melalui upaya:
    a. Pembinaan Karakter
    b. Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial
    c. Penyelenggaraan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional
    d. Persemaian budaya Kesetiakawanan Sosial
    e. Aksi Sosial.

Penulis: Moh. Sopyan

0 comments on “Sejarah terjadinya perubahan nama hari Sosial Menjadi Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN)Add yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.