Gotong Royong Dimasa Pandemi

Kata gotong royong sudah tidak asing ditelinga bangsa Indonesia, hal ini sangat lekat dan sudah menjadi budaya bangsa yang dipenuhi ribuan pulau. Tentu saja, gimana tidak lekat, karena unsur kehidupan bangsa ini sejatinya berada dalam balutan persaudaraan. Tidak mengenal Suku, Agama, Ras dan Antar golongan (SARA)

Kita disatukan oleh satu ideologi yaitu Pancasila, negara lain pun sangat iri dengan Indonesia karena mampu mempersatukan perbedaan yang ada, hal ini sudah tidak menjadi persoalan bagi bangsa Indonesia. Maka tidak heran setiap permasalahan pasti akan diselesaikan dengan cara bersama. Ya gotong royong.

Tahu tidak nih sobat damai kalo Indonesia merupakan negara yang berada di cincin Api di mana negara ini memiliki gunung api yang masih aktif, selain itu Indonesia juga memiliki beberapa lempengan bumi. Artinya Indonesia memiliki tingkat kewaspadaanya sangat tinggi.

Ketika terjadi bencana pun warga Indonesia bersatu membantu untuk daerah-daerah yang terkena dampak bencana tersebut. Sobat damai, berkaca pada kejadian-kejadian sebelumnya, rasanya sifat gotong royong warga Indonesia tidak sama sekali pudar. Lalu apakah dimasa pandemi ini sifat itu hilang begitu saja ? atau masih ada nih sobat damai?

Jawaban yang tepatnya adalah, tentu masih ada. Karena sifat itu terus melekat di dalam diri warga negara Indonesa, gotong royong ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia dengan cara yang berbeda-beda, mulai dari membagikan APD dengan cara donasi, atau pun membuat pelelangan barang kesayangan terutama bagi para artis Indonesai, salah satunya adalah Arman Maulana, Vokalis Gigi ini menjual barang melalui akun Instagram pribadinya , tentu barang-barang tersebut merupakan barang kesayangan yang memiliki makna tersendiri bagi Arman.

Selain Arman tentu banyak artis-artis lain yang membantu untuk berdonasi kepada warga yang terdampak covid-19, dengan membagikan sembako, masker dan lain sebagainya

Apa lagi berbagi dibulan ramadhan, bulan yang dinyatakan oleh Allah SWT sebagai bulan yang penuh berkah dan segala sesuatunya akan dilipat gandakan dibulan ini. Jadi tidak heran kalo semangat gotong royong dibulan penuh berkah ini semakin membara.

Berbagi tidak harus yang mahal, berbagi mulai dari sepiring nasi beserta lauk pauknya kepada tetangga terdekat itu sudah sebuah bentuk berbagi. Jangan pernah takut akan apa yang kita berikan itu sia-sia, terutama dibulan penuh berkah ini, Ada sebuah hadist yang berbunyi “Shadaqah yang paling utama adalah shadaqah pada bulan Ramadhan”. (HR. Al-Tirmidzi dari Anas).

Gerakan sekecil apapun akan sangat penting untuk masa pandemi ini, karena banyak masyarakat yang kehilangan mata pencariannya, jadi mulai lah bergotong royong untuk kemanusiaan, karena kita hidup tidak sendiri, mereka butuh kita dan kita pun butuh mereka.

Lalu Sobat damai sudahkah kalian berbagi? Jika belum yuk berbagi mulai hari ini dan detik ini juga ya. Bersatu kita lawan Covid-19.

 

Penulis : Abdul Raufian Rizkiansyah

“Kedamaian Hakiki didapat dari diri sendiri, berwujud cinta pada negeri INDONESIA.”

0 comments on “Gotong Royong Dimasa PandemiAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *