Bangkitkan Kembali Budaya Berbagai

Menghadapi pandemi Covid-19 ini tidak mudah apalagi dijalani pada bulan ramadhan. Akan ada seribu satu alasan keluhan yang dapat muncul. Kurangnya bahan makanan di rumah pun dapat menjadi batu sandungan apabila tidak ditindak lanjuti. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meniadakan hal tersebut yaitu dengan berbagi. Bangsa Indonesia dikenal dengan rasa solidaritasnya yang tinggi. Masyarakat akan saling bahu membahu dan menopang satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan bersama. Hal ini sudah terjadi sejak jaman penjajahan hingga saat ini Indonesia merdeka.

Wabah yang sedang terjadi saat ini memberikan makna yang indah bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia mulai dibangkitkan kembali semangat berbagi antar masyarakat yang mulai luntur karena sikap individualis yang tinggi. Banyak orang yang saling berkolaborasi untuk berbagi melalui pemberian bahan makanan, menciptakan media yang dapat mengurangi kebosanan ditengah pandemi, dan saling berbagi keceriaan melalui senyuman yang ditebarkan. Masyarakat Indonesia mulai menyadari bahwa dengan berbagi mengikis kekurangan yang ada di tengah pandemi.

Berbagi memiliki makna yang mendalam untuk kedua belah pihak, baik itu yang membagikan maupun yang mendapatkan bagian tersebut. Setiap orang yang berbagi akan merasa bersyukur dan menambah ketenangan batin di dalam dirinya karena merasa dirinya sudah cukup. Begitu juga dengan orang yang mendapat bagian karena merasa diperhatikan dan dipedulikan oleh orang lain. Orang yang merasakan dampak dari pemberian orang lain akan mengenang hal tersebut dan akan memiliki rasa semangat berbagi. Kedua belah pihak ini harus menyadari bahwa dengan berbagi akan memiliki makna mendalam yang sangat berkesan. Belajar untuk tidak menjadikan sikap berbagi sebagai ajang untuk meningkatkan popularitas semata namun menyadari bahwa dengan berbagi orang akan merasa dihargai dan dikasihi.

Satu hal yang patut kita sadari berbagi ketika kita memiliki sesuatu yang lebih itu mungkin biasa, tetapi berbagi disaat kitapun dalam keadaan tidak berlebih itu merupakan suatu hal yang luar biasa. Berbagi tidak akan membuat kita kekurangan, melainkan membuat kita memenuhi rasa peduli terhadap sesama.

Sumber: https://greatmind.id/article/mengapa-berbagi-itu-penting
Ditulis oleh: Tri Puji A. T

0 comments on “Bangkitkan Kembali Budaya BerbagaiAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *