BIJAKLAH MEMBACA BERITA TENTANG COVID-19

 

 

Hampir sebulan ini pemerintah mengajurkan masyarakat untuk dapat melakukan kegiatan dari rumah. Baik itu kegiatan belajar dan bekerja. Anjuran itu tentunya bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Bahkan saat ini beberapa daerah sudah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diharapkan dapat mempercepat penanggulangan juga mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin meluas di Indonesia. Dengan demikan akses orang bepergian ke suatu daerah akan sangat dibatasi.

Sejak diberlakukannya anjuran untuk melakukan kegiatan dari rumah. Ineternet merupakan hal yang paling diandalkan untuk dapat menghubungkan satu orang dengan orang lainnya. Dunia maya dan sosial media sangat gencar digunakan baik itu untuk belajar maupun bekerja. Namun sayangnya, ditengah wabah yang sedang kita hadapi bersama ini ada saja pihak-pihak yang mencoba menambah kegaduhan dengan menyebarkan berita HOAX tentang Covid-19.

Dunia maya yang dijadikan salah satu andalan untuk mencari info tentang Covid-19 kini tercemar dengan berita HOAX yang beredar dengan bebasnya. Bagi masyarakat yang melihat info Covid-19 melalui web resmi pemerintah atau lembaga negara tentunya kecil kemungkinan akan terpapar berita-berita hoax terkait Covid-19. Namun bagi masyarakat yang mungkin menerima info Covid-19 melalui broadcast whatsapp ataupun info-info di sosial media yang tidak jelas asalnya, bisa jadi mendapatkan informasi yang salah dan belum valid kebenarannya. Berita-berita hoax yang timbul terkait wabah corona sekarang ini seringkali membuat beberapa pihak penasaran lalu merasakan kepanikan ataupun ketakutan. Terlebih bagi orang-orang yang langsung menelan bulat-bulat informasi yang didapatkan, tanpa mengetahui kebenarannya. Sisi psikologi seseorang dapat terganggu akan hal itu, panik atau ketakuan yang mendalam dapat menyebabkan mental seseorang berubah.

Tidak ada yang salah jika kita gencar mencari informasi terkait Covid-19. Namun saat ini kedewasaan kita dalam menggunakan teknologi sangat diuji, kemampuan untuk dapat menyaring mana berita yang benar atau hoax merupakan salah satu hal yang terpenting dalam menghadapi keadaan kini. Karena bukan hanya Covid-19 yang berbahaya, berita hoax tentang Covid-19 nyatanya sama berbahaya. Kita dapat mencari informasi melalui web-web yang memang dibuat untuk menginfokan tentang Covid-19 salah satunya web covid19.go.id yang setiap harinya memberikan info terkait corona. Selain mencari info dari sumber yang jelas, kita juga harus relatif tenang, menjalankan pola hidup yang benar, menjaga kebersihan, dan mempertahankan rutinitas di rumah sebaik mungkin seperti kehidupan normal pada biasanya. Karena setelah semua ini berakhir, kita akan melanjutkan kegiatan seperti biasa dengan kesibukan masing-masing. Maka dari itu walaupun kita berkegiatan di rumah saat ini, buatlah kegiatan itu berjalan senormal mungkin.
Stay healthy and happy 😊

Penulis: Tri Puji A

0 comments on “BIJAKLAH MEMBACA BERITA TENTANG COVID-19Add yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *