HAL BAIK DARI SELF ISOLATION ATAU DI RUMAH AJA

Sudah kurang lebih dua minggu belakangan ini kita banyak mendengar istilah self isolation, self quarantine, self distancing, atau bahkan lockdown. Isitlah-istilah tersebut beberapa diantaranya hampir sama. self isolation kurang lebih sama artinya dengan self quarantine, yaitu membatasi diri sendiri untuk tidak berinteraksi dengan orang lain. Self distancing adalah memastikan jarak aman kita dengan orang lain. Dalam skala besar kita mengenalnya sebagai social distancing karena diberlakukan tak lagi di tataran orang per orang tetapi sudah sebagai langkah bersama dalam lingkungan tempat tinggal kita. Sedangkan lockdown merupakan upaya untuk membatasi interaksi satu komunitas dengan komunitas lain.

Adapun untuk orang yang diyakini dapat terpapar atau berisiko terpapar virus, biasanya mereka akan diisolasi. Mengutip KBBI, isolasi adalah pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha untuk memencilkan manusia dari manusia lain; pengasingan. Self isolation, self quarantine, self distancing, lockdown, atau bahkan isolasi merupakan upaya bersama yang dapat dilakukan setiap orang untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Sejumlah perusahaan dan sekolah sekarang ini sudah menerapkan kebijakan kerja dari rumah dan belajar dari rumah. Tanpa kita sadari kebijakan yang diberikan rupanya bukan hanya mencegah penyebaran Covid-19 tetapi juga bisa menjadi momen untuk meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga. Kegiatan kerja atau belajar dari rumah dapat menumbuhkan rasa toleransi antar anggota keluarga dan untuk lebih memahami satu sama lain. Waktu bersama yang lebih banyak dapat dimanfaatkan orang tua untuk dapat mengetahui cara belajar yang efetif bagi anak, serta materi apa yang disukai oleh anak. Anak-anak pun dapat belajar cara menimbulkan rasa aman dan nyaman ketika orang tua mereka bekerja di rumah. Sebab biarpun sedang bersama-sama di rumah, masing-masing anggota keluarga tetap punya kesibukannya sendiri.

Kesempatan melakukan kegiatan #dirumahaja mungkin akan jarang sekali kita temukan dalam keseharian kita jika bukan karena keadaan belakangan ini. #dirumahaja nyatanya dapat membawa hal-hal positif yang selama ini mungkin belum muncul, #dirumahaja juga merupakan hal kecil yang dapat kita lakukan sebagai warga negara Indonesia untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, #dirumahaja ternyata membawa kita untuk lebih menghargai waktu yang diberikan kepada kita. Pastinya #dirumahaja bukan berarti kita berhenti bekerja, berhenti belajar apalagi berhenti berkarya. #dirumahaja bukan penghalang untuk bisa terus produktif. Selamat menikmati waktu #dirumahaja bersama keluarga.

Stay healthy dan happy 😊

Penulis : Tri Puji
Sumber Gambar : Pixabay

0 comments on “HAL BAIK DARI SELF ISOLATION ATAU DI RUMAH AJAAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *