Momentum Mengendalikan Diri

Bulan Puasa, merupakan salah satu momen bagi umat Islam di seluruh dunia. Dimana umat muslim akan berpuasa untuk menahan haus dan lapar juga mengendalikan hawa nafsu. Bisa jadi hawa nafsu adalah hal yang paling sulit dikendalikan saat menjalankan ibadah puasa sehingga tak jarang menjadi ujian tersendiri bagi orang yang sedang berpuasa.

Hal-hal yang mengarah pada tindakan tidak bermanfaat dan dapat merugikan diri sendiri juga orang lain, itu pun bisa tergolong sebagai hawa nafsu. Ragam lain dari hawa nafsu diantaranya yaitu kebencian dan kekerasan.  Kebencian sekarang ini diekspresikan dengan berbagai macam hal. Mulai dari ‘celotehan’ tentang ketidaksukaan yang terlalu berlebihan bahkan dapat merubah cara pandang orang lain terhadap suatu hal. Kekerasan akhir-akhir ini bukan hanya berbentuk fisik, melainkan bermain dengan kata-kata yang memojokan bahkan menjatuhkan.

Bagi orang yang terbiasa menyebarkan ujaran kebencian dan tindak kekerasan seperti itu tentu tidak sulit dilakukan, apalagi melihat perkembangan teknologi internet yang siapa saja dan kapan saja kita bisa mengaksesnya. Hanya dengan memainkan ibu jari, ujaran kebencian serta kekerasan dalam kata-kata dapat seketika menyebar ke seluruh pelosok negeri ini dalam hitungan detik. Miris memang, ketika tekonologi yang berkembang saat ini disalahgunakan.

Jangan sampai kita menjadi bagian dari orang yang bertindak seperti itu. Sejatinya bulan yang suci ini dapat menjadi momentum untuk kita semua tanpa terkecuali agar dapat menebarkan perdamaian, mengurangi ujaran kebencian dan segala bentuk kekerasan. Jangan biarkan momen yang ada setahun sekali ini berlalu tanpa kebaikan. Mulai darimana? Dimulai dari diri sendiri lalu berbagi ke yang lainnya J

Selamat menjalankan ibadah puasa.

Penulis : Tri Puji Aprilia T

Gambar : https://pixabay.com

0 comments on “Momentum Mengendalikan DiriAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *