Sudahkah Kamu Perhatikan 5 Hal Ini Selama Masa Pandemi?

Tahun 2020 sudah mulai memasuki pertengahan, namun pandemi virus belum juga menunjukkan tanda tanda akan berakhir, pasien yang terjangkit virus masih terus meningkat, sudah cukup banyak tenaga medis yang jatuh berguguran.

Pemerintah sedang mengupayakan agar walau di masa pandemi roda ekonomi dapat terus berputar, dengan menetapkan protokol kesehatan dan berbagai prosedur lainnya. Orang-orang juga nampak mulai bosan dan tak kuasa rasanya ingin keluar rumah dan beraktivitas seperti biasa, hal ini tentu sangat bisa dilakukan yang terpenting adalah dengan selalu memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Tidak keluar rumah jika merasa tidak enak badan

Tetap berdiam diri di rumah saat tubuh dirasa kurang sehat adalah suatu hal yang sangat bijak, karena walaupun memang bukan sakit karena virus corona, hal ini dapat sangat mengkhawatirkan, karena orang yang tidak sehat kemungkinan mengalami penurunan sistem imun, di mana menjadi sangat rentan untum terpapar virus corona yang bisa jadi ada di mana saja.

2. Selalu membawa perlengkapan kesehatan saat bepergian

Kalau kamu memang sangat ingin keluar rumah atau memang harus keluar rumah atau bahkan bepergian karena satu dan lain hal, maka penting sekali untukmu membawa perlengkapan kesehatan pribadi seperti persediaan masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan, tisu, face shield dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

3. Selalu mencuci masker

Ini adalah hal yang sering terlewat, jangan biasakan menggunakan masker berkali-kali tanpa mencucinya sama sekali, usahakan untuk rutin mencucinya setiap hari, setiap habis dipakai bisa langsung dicuci untuk menghindari kuman atau virus-virus yang mungkin tertempel di masker untuk menyebar ke hal lain di sekitar kita.

4. Membawa perlengkapan sholat dan makan sendiri

Bagi umat muslim, diharapkan untuk selalu membawa perlengkapan sholat sendiri seperti sajadah dan mukena, untuk menjaga kebersihan pribadi dan meminimalisir penyebaran virus yang mungkin terjadi di tempat-tempat umum.

Karena hingga saat ini hampir seluruh mushala tidak menyediakan mukena atau sajadah yang dapat digunakan.

Begitu juga dengan peralatan makan, ini menjadi barang yang sangat penting demi menjaga diri dari resiko terpapar virus covid-19.

5. Langsung ganti baju dan mandi setiap habis keluar rumah

Penting untuk diperhatikan, terkadang rasa lelah yang teramat sangat membuat kita malas untuk sekedar mengganti pakaian padahal itu resikonya cukup tinggi lho apalagi jika kita habis menggunakan jasa transportasi umum atau datang ke tempat-tempat keramaian.

Jadi itu 5 hal yang penting untuk dipehatikan selama masa pandemi, semoga kesehatan selalu menyertai kita semua.

0 comments on “Sudahkah Kamu Perhatikan 5 Hal Ini Selama Masa Pandemi?Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?