Nasionalisme Radikal

Bagi semua negara generasi penerus adalah suatu hal yang sangat penting dan krusial. Karena kemajuan suatu negara dapat terlihat dari bagaimana sikap dan perilaku generasi penerus yang ada di dalamnya. Anak adalah bagian dari generasi penerus bangsa atau dalam kata lain anak merupakan aset suatu negara, maka sudah seharusnya anak mendapatkan perhatian serta pembinaan secara serius mulai dari pendidikan non-formal maupu formal. Dalam hal ini peran orangtua serta guru sangat diharapkan supaya mampu menanamkan nilai-nilai moral dan etika yang baik kepada anak-anak. Dalam UUD 1945 mengamanatkan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Amanat ini menunjukkan bahwa negera juga memiliki peranan yang sangat penting di dalam pertumbuhan seorang anak.

Pada zaman ini sudah terlalu banyak ajaran-ajaran yang menyimpang dan tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku di Indonesia. Ajaran-ajaran tersebut biasanya bersifat radikal serta memiliki tujuan untuk memecahbelah suatu bangsa. Sasaran dari ajaran-ajaran tersebut biasanya mengarah kepada anak-anak, mulai dari anak sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama. Karena pada dasarnya masa kanak-kanak adalah masa-masa dimana seorang anak sedang mencari jati dirinya sehingga mudah sekali bagi oknum-oknum yang ingin mempengaruhi dan merusak pikiran mereka. Penanaman doktrin yang menyimpang kepada seorang anak akan mempengaruhi sikap dan perilaku anak tersebut apabila sudah dewasa nantinya. Apabila seorang anak menerima doktrin yang tidak tepat setidaknya sudah tercipta satu anak yang dapat mempengaruhi anak-anak yang lainnya. Sudah bukan hal yang asing apabila kita melihat di televisi maupun media masa bahwa ada seorang anak di sekolah dasar yang tega memukul teman sekolahnya sampai nyawa temannya melayang. Ini adalah fakta yang terjadi di negara ini. Menyedihkan memang apabila generasi penerus bangsa ini sudah mempunyai sikap seperti itu mulai dari bangku sekolah dasar, tidak terbayang apa yang akan terjadi ketika dia sudah dewasa nanti. Ini merupakan isu yang penting dan harus disikapi dengan serius. Karena ini mempengaruhi kemajuan suatu negara kedepannya. Perlu memiliki kebijaksanaan dalam menanggapi isu ini karena kita tidak bisa menyalahkan siapapun dalam isu ini. Setiap kita memiliki peranan yang penting di dalamnya tidak hanya negara, orangtua serta guru tetapi setiap kita bisa memberikan pengajaran serta doktrin-doktrin yang tepat kepada setiap anak-anak yang berada di lingkungan kita berada. Penanaman nilai-nilai pancasila merupakan hal yang baik untuk dilakukan karena nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila mampu mendobrak seluruh ajaran-ajaran yang ingin memecahbelah bangsa ini. Sudah bukan waktunya kita untuk saling menyalah-nyalahkan tetapi sekarang waktunya kita untuk saling memberi diri kepada anak-anak dan melayani mereka dalam bentuk apapun..

Secara keseluruhan semua anak pasti memiliki pola pikir yang berbeda-beda dan sangat unik, tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana peran kita dalam memberikan doktrin yang tepat kepada setiap mereka supaya ketika mereka sudah dewasa nanti mereka mampu memberikan pelajaran yang terbaik juga kepada generasi selanjutnya. Kita harus menanamkan nilai-nilai semangat nasionalisme kepada anak-anak dan memberikan pengetahuan yang tepat kepada mereka tentang paham radikal. Seperti judul diatas “Nasionalisme Radikal” yang berarti semangat nasionalisme kita yang harus bersifat radikal. Karena semangat nasionalisme yang tinggi akan menjauhkan kita dari paham-paham yang dapat memecahbelah bangsa ini. Salam damai!

0 comments on “Nasionalisme RadikalAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *