Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Duta Damai Dunia Maya 2022

Di awal bulan Desember 2022 kemarin, terjadi aksi terorisme yang mengiris kemanusiaan di Indonesia. Bom bunuh diri yang dilakukan di Astana Anyar, Kota Bandung pada Rabu, 7 Desember 2022.

Generasi muda saat ini merupakan generasi yang melek internet. Internet, seperti sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi kaum milenial. Internet merupakan salah satu tantangan terbesar karena selain bermanfaat untuk kemaslahatan umum, internet juga dapat menjadi lubang yang diisi para penyeru terorisme dan radikalisme. Untuk itulah, Duta Damai Dunia Maya menjadi sangat relevan untuk kemudian dapat melawan, mengalahkan narasi-narasi terorisme dan menjauhkan milenial dari konten-konten terorisme yang bertebaran di internet.

Hal ini semakin diperkuat oleh Duta Damai Dunia Maya saat menggelar Rapat Koordinasi Nasional 2022 di Hotel Ibis Styles Gajah Mada, Jakarta pada 26-30 Desember 2022. 2Rapat koordinasi nasional para pemuda pejuang melawan terorisme di dunia maya tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Boy Rafli Amar beserta jajarannya.

Pembukaan Rakornas FKPT, Duta Damai, Gugus Tugas

Kegiatan Pembukaan Rakornas FKPT, Duta Damai, Gugus Tugas dilaksanakan di kantor pusat BNPT yang terletak di Sentul, Kabupatn Bogor, Jawa Barat.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar, M.H. dalam Rakornas tersebut, Selasa (27/12), mengatakan, “Dengan adanya Duta Damai yang terdiri dari anak-anak muda Indonesia termasuk Duta Santri untuk kita menjadikan bagian dalam melawan narasi-narasi yang mengarah intoleransi, radikal terorisme.”

Duta Damai diharapkan mampu untuk memproduksi konten-konten kreatif anak muda Indonesia agar menjadi konten yang dapat dikonsumsi oleh anak muda juga terutama pemuda kita.

Pada hari kedua ini, perwakilan Duta Damai tiap regional mengenakan pakaian adat yang berasal dari daerah masing-masing yang terdiri dari 18 provinsi. Duta Damai Banten mengenakan baju adat yang berasal dari suku Baduy. Suku Baduy merupakan salah satu suku asli Indonesia yang terletak di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pakaian untuk laki-laki Suku Baduy disebut dengan jamang sangsang. Duta Damai Banten mengenakan baju adat masyarakat Baduy Luar, dengan baju kampret berwarna hitam atau biru tua. Baju adat masyarakat Baduy Luar ini sudah terpengaruh budaya luar karena terlihat dari adanya kantong dan kancing yang digunakan dalam mendesain baju, dan untuk di bagian atas, kain ikat kepala digunakan sebagai penutup. Ikat kepala ini berwarna biru tua bercorak batik kebo. Pakaian adat untuk perempuan suku baduy yaitu menggunakan kebaya hitam sebagai atasan, dan rok bermotif batik kebo dengan selendang yang juga bermotif batik kebo.

Selain itu, Duta Damai juga mengenalkan oleh-oleh khas daerah masing-masing. Duta Damai Banten memperkenalkan oleh-oleh khas daerah Banten yaitu Gipang dan keciprik atau emping. Gipang merupakan salah satu jenis camilan yang terbuat dari beras ketan putih dan sirup gula yang memiliki rasa yang manis. Makanan Gipang merupakan makanan tradisional Indonesia khas Provinsi Banten khususnya suku Baduy. Sementara itu, keciprik atau emping ini dibuat secara tradisional dan diproduksi dalam industri dalam industri rumahan. Emping merupakan salah satu makanan oleh-oleh khas Menes Pandeglang yang terbuat dari biji melinjo.

 

Penulis : Devia Zilka

0 comments on “Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Duta Damai Dunia Maya 2022Add yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *