5 TIPS JADI VOLUNTEER DI MASA PANDEMI

Halo kaula muda!

Tak terasa kita sudah hampir di penghujung tahun 2021, nih. Sobat di rumah sudah mengisi tahun dengan kegiatan apa saja? Apalagi tahun ini Indonesia masih di tahap bangkit dari keadaan pasca pandemi Covid-19 yang sempat membuat aktivitas kita terhambat di beberapa tahun belakang. Seperti aksi-aksi kemanusiaan, selain turun ke lapangan, kita juga kerap kali menemukan ajakan untuk menjadi volunteer kekinian ala pandemi. Berikut ini ada beberapa tips untuk kamu yang mau mengisi waktu dengan kegiatan positif seperti volunteer;

1. Pastikan kamu paham mengenai kegiatannya

Nah, sebelum kamu melakukan kegiatan volunteer secara online, sebaiknya kamu paham dulu apa tujuan dari kegiatan tersebut. Selain memudahkan kamu saat menjalankan misi, hal ini juga dapat kamu jadikan pertimbangan untuk ikutan gabung atau tidaknya. Kamu juga dapat menentukan siapa saja yang akan jadi target sasaranmu saat melakukan action.

2. Pastikan waktumu luang

Kegiatan belajar atau bekerja di rumah kadang tidak memiliki waktu yang terjadwal nih, Sobat. Untuk itu, pastikan jadwal pada kegiatan tersebut tidak mengganggu kegiatan utama kamu.

3. Pastikan kegiatan sesuai dengan passion kamu

Agar kamu tidak merasa beban saat melakukan kegiatan tersebut, ada baiknya kamu memilih kegiatan volunteer dan jobdesk yang sesuai dengan kemampuan dan passion kamu, ya.

4. Percaya diri

Kegiatan volunteer pastinya akan berhubungan dengan dunia luar. Walau hanya dijalankan dari rumah, kamu harus tetap percaya diri menyampaikan tujuan dari kegiatan yang sedang kamu jalani.

5. Niat

Hal yang paling penting nih, Sobat. Jadi volunteer itu tidak dibayar. Justru di beberapa kegiatan mengharuskan kita mengeluarkan biaya. Kamu harus menguatkan niat untuk turun di aksi kemanusiaan seperti volunteer ini. Sehingga kamu menjalankan tugasmu dengan tulus dan semangat!

Beberapa tips diatas bisa menjadi referensi sebelum kamu memilih untuk ikut dalam kegiatan volunteer. Jadi baik tidak harus ikut kegiatan volunteer, kok. Yang penting, mulai aksimu dari sekarang!!

Penulis: Putri Syahrani

0 comments on “5 TIPS JADI VOLUNTEER DI MASA PANDEMIAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.