Fakta Unik Konferensi Asia – Afrika (KAA)

Hallo sobat damai !! Ada yang tahu KAA itu apa?? Pasti tahu dong hehe
Okey mari kita bahas aja yukk apasihh Konferensi Asia – Afrika (KAA) ituu?

KAA adalah singkatan dari konferensi Asia – Afrika yang bertujuan untuk memperat silaturahmi dan juga solidaritas antara negara – negara di Asia – Afrika serta menentang penjajahan (kolonialisme) negara – negara Barat.
Adapun lima negara penggagas Konferensi Asia Afrika yang dilansir dari Kompas.com adalah:

1. Indonesia diwakili oleh Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo
2. Ceylon (Srilanka) diwakili oleh Perdana Menteri Sir John Kotelawala
3. Burma (Myanmar) diwakili oleh Perdana Menteri U Nu
4. Pakistan Perdana Menteri Mohammed Ali
5. India diwakili oleh Perdana Menteri Jawaharlal Nehru

Kemudian ada beberapa fakta unik dalam KAA ke 60 di Bandung yaitu :

1. Batu Akik dijadikan sebagai Souvenir

Pemerintah Indonesia berharap dengan dijadikannya batu akik tersebut sebagai cindera mata. Maka kerajinan batu akik akan terkenal di Negara luar. Souvenir batu akik ini merupakan hasil kreativitas warga garut. Batu akik pancawarna menjadi pembuatan cindera mata tersebut juga merupakan hasil bumi tanah pasundan. Dan merupakan jenis batu nomor satu.

2. Tokoh Penggagas KAA 1955 Sambut Kedatangan Delegasi KAA 2015

Pihak angkasa dua bandara soekarno hatta dan komunitas historia menggelar aksi teatrikal pendiri KAA . mereka berdandan layaknya tokoh pencetus KAA. Seperti berdandan ala presiden soekarno dan ibu fatmawati. Mereka berdandan seperti wakil presiden mohammad hatta, ali sastro amidjoyo, gamal abdul naser, dan beberapa tokoh lainnya.

3. 20 Bajaj Untuk Media Peliput KAA

agar menarik dan mudah dikenali media, bajaj bajaj tersebut di cat biru dan menampilkan logo 60 tahun KAA. Bajaj ini didatangkan perusahaan gas Negara Jakarta khusus peringatan 60 tahun KAA sekaligus mengkampanyekan kendaraan berbahan bakar gas atau BPG.

4. Rekor Dunia Permainan Angklung

Sebanyak 20 ribu pemain angklung yang terdiri dari pelajar, relawan dan warga berhasil memecahkan rekor muri dengan kategori pemain angklung terbanyak . pemecahan rekor ini diadakan di stadion siliwangi kamis 23 April kemarin. Rekor sebelumnya yang tercatat di Jakarta dengan jumlah pemain sebanyak 19 ribu orang.

5. Zahra Zubaidah, gadis cantik berusia 20 tahun ini adalah pelukis yang ditunjuk oleh Ridwan Kamil untuk menggambar sosok Soekarno, Nelson Mandela. Lukisan krayon dari Zahra ini dipajang di pinggir jalan kota Bandung untuk menyambut konferensi asia Afrika. (Asliindonesia.net)

0 comments on “Fakta Unik Konferensi Asia – Afrika (KAA)Add yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *