Duta Damai Banten Gelar First Anniversary

Minggu 28 April 2019 Duta Damai Regional Banten mengadakan acara First Anniversarry. Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi yang ke satu tahun Duta Damai Regional Banten. Bertempat di Kandank Jurank Doank, Tangerang Selatan, Banten, acara tersebut diikuti oleh kurang lebih 70 peserta yang terdiri dari berbagai usia.

Pada kesempatan kali ini, Duta Damai Regional Banten mengusung tema “Damai Itu Budaya Kita”  untuk acara first anniversarry nya. Tentunya tema ini bukan sekedar kata tapi juga memiliki makna. Berangkat dari keprihatinan kami melihat maraknya ujaran kebencian dan perselisihan yang ada di dunia maya dan dunia nyata. Kami bertekad ingin mengembalikan semangat persatuan. Para pendiri bangsa jaman dahulu tidak pernah mempermasalahkan suku, ras, agama dan budaya. Mereka bersatu, rukun, sepemikiran demi memerdekakan negara Indonesia.

Budaya damai sejatinya sudah ada sejak dahulu, tapi yang terlihat sekarang budaya itu mulai luntur. “Kami ingin budaya itu erat kembali dalam keseharian baik di dunia nyata maupun dunia maya. Bersyukur kalau sekarang kami diberikan wadah yang dapat menampung dan menyalurkan aspirasi kami dalam menyuarakan perdamaian yaitu dalam Duta Damai yang dibentuk oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT),” ungkap Rizal dalam sambutannya, Minggu (28/4).

Satu tahun berlalu, keberadaan Duta Damai Regional Banten mungkin belum terlalu memberi dampak besar. Rizal meyakini, hal sekecil apapun yang dilakukan Duta Damai Regional Banten dalam menyebarkan perdamaian akan menjadi sesuatu yang besar suatu hari nanti.

Konsistensi, satu kata yang nilainya berusaha dijaga setiap harinya dalam menjaga eksistensi Duta Damai Regional Banten terlebih di media sosial. Bukan perkara yang mudah bertahan menjadi bagian dari Duta Damai Nasional selama setahun ini.

Pasang surut semangat, datang dan pergi seiring berjalannya waktu dan kesibukan anggota masing-masing. Tapi semua itu terkikis oleh tekad para anggota Duta Damai Regional Banten untuk terus membudayakan perdamaian. “Indonesia besar karena keragaman dan perdamaian yang membudaya semenjak dahulu kala. Kalau dahulu bisa, mengapa sekarang tidak?

Penulis: Tri Puji A. T (Ruang Riung Duta Damai)

0 comments on “Duta Damai Banten Gelar First AnniversaryAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *