Kenapa Generasi Millenial harus Paham Pancasila?

Pancasila adalah ideologi negara Indonesia, menjadi dasar dari semua norma, nilai dan adat yang ada di seluruh kehidupan rakyat Indonesia. Pancasila tidak terpisah dari kebudayaan, suku atau agama, melainkan saling berkaitan bahkan tidak terpisahkan. Karena, Pancasila diambil dari ragam adat dan kebudayaan rakyat Indonesia.

Era globalisasi dan digitalisasi semakin maju di berbagai negara di dunia. Perubahan-perubahan semacam itu memang tidak bisa dihindari dan pasti akan terjadi. Namun, dengan pesatnya perubahan ini bukan berarti nilai-nilai yang dijunjung tinggi sejak dulu pun turut berganti. Manusia tetaplah manusia, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, juga dalah kehidupan bersosialisasi dengan masyarakat, membutuhkan suatu aturan dan batas-batas untuk mengontrol segala perilaku manusia itu sendiri.

Bagaimanapun, aturan dan Batasan harus ada. Karena, jika tidak, maka yang terjadi hanyalah kesemrawutan, ketidak jelasan tatanan hidup masyarakat secara keseluruhan. Menjadikan alas an bahwa jaman sudah berubah sebagai penyangkal untuk tidak mengindahkan norma dan aturan, sangatlah tidak bijak.

Justru, seharusnya generasi muda saat ini bisa lebih memahami dan memaknai arti dari nilai, norma dan aturan yang berpedoman pada Pancasila. Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, seharusnya menjadikan generasi muda menjadi generasi yang kritis dan banyak berpikir untuk mencari kebenaran bukan pembenaran semata.

Nilai-nilai Pancasila yang teraplikasi dalam banyak aspek kehidupan masyarakat Indonesia, tidak ada yang bertentangan dengan kemanusiaan, tidak membatasi siapapun untuk tidak boleh memilih agama, tidak menyalahkan suatu kearifan local, tidak menyalahkan perubahan dan kemajuan yang terjadi dalam peradaban dunia. Sampai saat ini, nilai-nilai Pancasila menjadi dasar yang paling bijak untuk setiap pemikiran dan pandangan tentang bangsa dan negara.

Nilai, norma, dan aturan yang berlaku di masyarakat yang berlandaskan Pancasila, tidak ada satupun yang merugikan, bahkan semuanya mengutamakan kebebasan, kesejahteraan, mengagungkan keberagaman, mengedepankan tolong menolong. Semua itu, mengajarkan kita menjadi sebaik-baik manusia, masyarakat dan makhluk sosial di dunia ini.

Tidak sulit untuk Kembali menengok sejarah bangsa ini. Bagaimana para pahlawan dan mereka yang dulu mati-matian memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, berpikir untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, dan hasilnya kita nikmati hingga detik ini, kehidupan yang bebas dari penjajahan, bebas dari peperangan, menjadi sebuah bangsa yang demokratis.

Di era saat ini, arus globalisasi dan digitalisasi, sangat rentan mengikis pemahaman akan ideologi negara. Oleh karena itu, penting untuk generasi muda saat ini untuk bisa memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila, agar generasi selanjutnya tidak kehilangan sejarah, tidak melupakan asal usul mereka, agar kedamaian dan keharmonisan yang kita rasakan saat ini tetap ada hingga nanti.

Negara-negara lain boleh saja memiliki ideologi yang berbeda dengan Indonesia, tapi bukan berarti ideologi mereka cocok dan pas untuk kita. Karena, setiap manusia memiliki karakter yang berbeda dan setiap rakyat suatu negara pun tentu memiliki karakter yang lebih berbeda.

Pancasila bisa dikatakan sebagai pelindung Indonesia, meski tak ayal Indonesia sering sekali ‘terluka’, itu pun karena mengabaikan nilai, norma, aturan dan hukum yang dibuat berdasarkan Pancasila. Hingga saat ini, kita semua bisa menikmati berbagai keindahan alam, keragaman budaya dan suku bangsa, semua hal itu tetap terjaga, karena Pancasila dan nilai-nilainya masih kita jaga.

 

0 comments on “Kenapa Generasi Millenial harus Paham Pancasila?Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?