Yuk, Kita Menjadi Bagian Dalam Melestarikan Budaya Indonesia!

Sebelum kita berbicara mengenai cara dan tips untuk menjadi bagian dalam melestarikan budaya Indonesia, sudahkah teman-teman tahu arti budaya sendiri? Sepengetahuan saya sebagai penulis budaya adalah suatu kegiatan, perilaku, ajaran yang sudah sejak lama dan menjadi ciri khas dari salah satu daerah. Benarkah pengertian saya itu? Mari kita simak sebenarnya apa arti budaya itu sendiri.

Ternyata kata Budaya sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta Buddhayah yaitu bentuk jaman dari buddhi yang memiliki arti budi atau akal. Berbagai macam pengertian mengenai budaya yang diartikan menurut para ahli. Saya akan mengambil salah satu definisi budaya dari Koentjaraningrat, beliau mengartikan budaya sendiri sebagai sistem ide, rasa, tindakan, gagasan dan karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupannya di masyarakat. Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara pun mengartikan kebudayaan sebagai buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat.

Melihat beberapa definisi yang diartikan oleh beberapa para ahli bisa disimpulkan bahwa apa yang dimengerti oleh saya sebagai penulis mengenai budaya itu benar adanya. Sering kali saya mungkin teman-teman mendengar perkataan teman bahkan orang tua “itu budaya barat bukan budaya kita” entah itu dalam cara kita berpakaian, bersikap kepada orang yang lebih tua atau tata cara kehidupan lainnya. Setelah mengenal dan memahami budaya sendiri saya sebagai penulis merasa budaya adalah kata yang memiliki arti yang sangat luas. Karena budaya sendiri ada dalam berbagai macam aspek kehidupan kita. Entah itu dalam melakukan tindakan setiap hari, dalam bentuk kesenian, dalam bentuk norma atau aturan dan masih banyak lagi. Budaya selalu ada dalam kehidupan kita entah kita sadari atau tidak.

Lantas kita sebagai generasi penerus bangsa haruskah melestarikan budaya bangsa Indonesia? Jawabannya hanya satu sebenarnya. Harus. Bahkan wajib. Karena saya rasa budaya sendiri adalah bagian dari identitas suatu negara atau dalam lingkup kecil sebuah daerah atau tempat. Contoh budaya Indonesia yang sejak dahulu ialah Gotong Royong lalu dalam bidang musik kita mengenal musik dangdut dan keroncongan, dapun budaya seperti ngaben di Bali yang tak asing hingga sekarang dilestarikan. Contoh tadi hanyalah sebagian kecil budaya milik negara Indonesia yang harus tetap dilestarikan.

Saya sebagai penulis akan memberikan beberapa tips agar kita sebagai generasi bangsa bisa terus melestarikan budaya Indonesia:

1. Kenali dan Pahami Budaya Indonesia
Mengenal dan memahami budaya saya rasa menjadi hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Ketika kita mengenal suatu budaya dan memahami betapa bernilai dan berartinya budaya tersebut kita akan bisa dengan mudah melestarikan budaya tersebut. Tak kenal maka tak sayang bukan?

2. Menanamkan Rasa Cinta dan Tanggung Jawab terhadap Budaya Indonesia
Penanaman rasa cinta terhadap budaya yang telah kita kenali dan pahami harus dilakukan karena bila sudah tertanam rasa cinta terhadap budaya tersebut maka dengan sendirinya kita akan menjaga budaya tersebut sadar maupun tidak. Layaknya kita mencintai barang yang menjadi favorit kita, apapun akan dilakukan agar barang tersebut selalu tetap utuh seperti saat pertama kali kita membeli dan mendapatkannya bukan? apalagi bila dirasa sulit untuk mendapatkannya. Setelah itu tanggung jawab untuk merawat dan menjaga barang tersebutpun akan timbul. Layaknya sebuah barang, budaya sendiri bila kita tanamkan rasa cinta maka secara tidak langsung kita pasti akan menjaga budaya tersebut dengan baik agar tetap selalu ada. Rasa tanggungjawabpun akan timbul agar budaya itu tidak akan pernah hilang dan akan diwariskan kepada generasi selanjutnya.

3. Ikut Terjun Langsung Dalam Melestarikan Budaya
Salah satu point terpenting dari 2 point diatas yaitu ikut terjun langsung dalam melestarikan budaya. Menjadi bagian dari menyebarkan budaya dengan memperlajari budaya tersebut, mengikuti kompetisi dari kesenian disuatu budaya atau bahkan menjadi seseorang yang mewariskan budaya tersebut kepeda generasi selanjutnya. Dengan begitu budaya kita akan terus ada dan tidak akan hilang oleh zaman.

4. Menjadikan Budaya Bagian dari Warisan Bangsa
Bayangkan bila kita diwariskan materil dari orangtua kita, tentu kita akan menjaga warisan tersebut bukan? lantas bagaimana bila kita diwariskan budaya yang sudah turun temurun oleh bangsa kita sendiri. Tentu sebagai bagian dari bangsa sudah kewajiban kita untuk menjawaga warisan tersebut tetap ada bukan hingga bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya. Bila kita tidak menjadikan budaya sebagai warisan yang harus dijaga maka kemungkinan budaya bangsa kita akn hilang ditelan zaman dan mungkin kita bisa kehilangan salah satu identitas bangsa kita. Mengerikan bukan?

5. Membuat Konten Masa Kini Mengenai Informasi Budaya Indonesia
Diera digital dan modern ini sudah saatnya kita melestarikan budaya dengan memaksimalkan platform media sosial yang ada sepeti youtube, instagram atau bahkan twitter. Kita bisa mengenalkan budaya kita terhasap generasi penerus bangsa dengan membuat konten di youtube entah itu membuat story atau bila kita menjadi bagian dalam pelestarian budaya contohnya menjadi bagian penari kecak di bali kita bisa gunakan kemampuan kita untuk memperkenalkan tarian tersebut. Atau membuat akun instagram yang berisi informasi budaya di Indonesia melalui instagram, bahkan membuat tulisan bermanfaat di twitter dengan membuat thread budaya Indonesia seperti yang banyak dilakukan anak-anak zaman sekarang bukan? bahkan kita bisa memberikan informasi mengenai budaya melalui podcast. Budaya akan tersebar luas dan mudah diera digital saat ini. generasi penerus bangsapun akan dengan mudah mendapatkan infromasi tersebut.

Ayo tunggu apalagi jadilah bagian dari penerus bangsa yang ikut melestarikan budaya Indonesia. Jika bukan dari kita yang mulai dan tidak dimulai dari saat ini maka hanya tinggal menunggu waktu saja budaya kita akan terkikis oleh waktu dan tidak menyisakan apa-apa bagi generasi selanjutnya…

0 comments on “Yuk, Kita Menjadi Bagian Dalam Melestarikan Budaya Indonesia!Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?