Tipe-Tipe Toxic People

Halo sobat damai! Pernahkah kamu merasa lelah dalam hubungan? Baik dengan teman, pasangan atau rekan kerja. Seolah-olah energi selalu diserap habis ketika bertemu mereka. Hati-hati, bisa jadi sobat damai sedang berhadapan dengan toxic people. Mereka biasanya menebarkan racun untuk membuat seseorang merasa tidak berdaya, tidak berharga bahkan tidak memiliki kontrol atas dirinya sendiri. Keberadaan toxic people memang sulit untuk disadari. Ini dikarenakan kamuflase mereka yang hebat saat penyamarannya menjadi “normal people”. Alih-alih menikmati hubungan yang sehat, sobat damai justru akan menghadapi berbagai obrolan negatif, drama ataupun tindakan manipulatif. Agar tidak terjebak dalam lingkaran beracun seperti itu, mari kenali tipe-tipe toxic people menurut dutadamaibanten.id berikut ini!

1. Si Manipulatif

Biasanya toxic people tipe ini akan mudah terlihat saat sesi curahan hati atau curhat. “Si Manipulatif” akan memberikan saran yang sekilas tampak positif, namun sebenarnya tidak. Ucapan yang keluar dari “Si Manipulatif” cenderung menghakimi dan membuat kamu lagi-lagi menjadi tidak berdaya. Bila sudah seperti itu, kamu akan tersihir oleh perintah apa yang ia katakan dan akhirnya kamu kehilangan kontrol atas dirimu sendiri. Tindakan “Si Manipulatif” lainnya adalah:

  • Memberikan dukungan palsu.
  • Memanfaatkan orang lain untuk kepentingan atau tujuannya sendiri.
  • Membuatmu merasa “tidak enak” untuk menolak segala permohonan mereka. Ini karena perilaku istimewa yang mereka berikan padamu sebelumnya.
  • Pandai bermain kata. Maksudnya, mereka selalu bisa berbohong dan selalu memiliki celah untuk menyangkal apabila ketahuan.

2. Si Pesimis

Ciri paling mudah untuk mengenali “Si Pesimis” yaitu selalu bergantung padamu setiap kali didera masalah. Kehadirannya selalu saja mengharap belas kasihan agar dibantu. Membantu orang lain memang tindakan yang tepat, namun menjadi tidak tepat bila hal tersebut dilakukan secara terus menerus. Sebab, sama saja seperti kamu sedang mendidik mereka menjadi tidak mandiri dan tidak bertanggung jawab. Hal buruk lainnya adalah apabila kamu tidak aware, kamu akan terbawa menjadi sosok yang sama persis seperti mereka.

3. Si Penyerap Energi

Ketika berhadapan dengan tipe ini, sobat damai akan merasakan kelelahan yang luar biasa. Hal ini bukan hanya fisik saja, tetapi juga pikiran. “Si Penyerap Energi” akan beraksi menularkan racunnya berupa krtikan-kritikan yang sama sekali tidak membangun, menekanmu dengan tindakan verbal dan selalu mencibir pencapaian yang telah kamu raih. Selain itu, mereka menganggap kebahagiaan yang didapatkan oleh sobat damai tidak patut untuk ikut disyukuri.

4. Si Dramatis

Pastinya kamu sudah akrab dengan toxic people tipe ini. Mereka selayaknya para pemeran di tontonan serial TV. Sobat damai tahu betul, mereka ahli mendramatisir semua perkara bahkan dari hal kecil sekalipun. Mereka juga suka memainkan pertunjukkan yang seolah-olah dirinya adalah korban atau istilah bahasa inggrisnya ialah playing victim. Sebagai pelengkap, gosip turut menjadi andalan untuk dibagikan kepada korban toxic people “Si Dramatis”.

5. Si Penghasut

Bila kamu orang yang mudah terbawa, berhati-hatilah dengan tipe toxic people “Si Penghasut”. Sebab, hasutan-hasutan yang disampaikan akan membuatmu salah paham dengan suatu hal. Apabila “Si Penghasut” mulai bercerita dan kamu ikut terbawa emosi akan ceritanya, maka sekali lagi berhati-hatilah. Batasi pertemanan dengan mereka supaya kamu terhindar dari sikap buruk sangka terhadap orang lain.

6. Si Narsistik

Ciri  yang khas dari “Si Narsistik” adalah tidak terima apabila orang lain berada “di atas” dirinya. Mereka selalu ingin dipuji dan didamba-damba oleh semua orang. “Si Narsistik” selalu merasa dirinya paling hebat. Mereka tidak memiliki empati yang akan membuatmu kewalahan menghadapinya. Bagaimana tidak? Kamu harus selalu memaklumi mereka ketika mereka mengabaikan perasaanmu. Kamu juga tidak bisa memberi masukan kepadanya karena “Si Narsistik” adalah orang yang anti kritik.

Dalam bersosialisasi kita perlu peka dan tanggap terhadap pribadi orang lain. Ini diperlukan agar sobat damai tidak terjebak dalam hubungan tidak sehat yang hanya merugikan diri sendiri. Toxic people adalah orang-orang beracun dengan tindakannya yang dapat mengganggu kesehatan mental orang lain. Setelah mengenali beragam tipe di atas, apakah saat ini ada orang di sekitarmu yang terindikasi sebagai toxic people? Atau jangan-jangan kamu sendiri toxic people-nya?.

Referensi:

Fenti, F. (2021, January 21). popbela.com relationship. Retrieved June 16, 2021, from popbela.com: https://www.popbela.com/relationship/single/firly-fenti/kriteria-toxic-people-yang-ada-di-sekitarmu/10

Ovvy, R. (2021, April 15). idntimes.com inspiration. Retrieved June 16, 2021, from idntimes.com: https://www.idntimes.com/life/inspiration/ratumas-ovvy/tipe-toxic-people-agp-c1c2/10

Prasetyo, D. (2020, September 21). POPMAMA.com Health and Lifestyle. Retrieved June 16, 2021, from POPMAMA.com: https://www.popmama.com/life/health/fx-dimas-prasetyo/tipe-toxic-people/6

Qaniaputri, E. D. (2020, February 20). ESQNews.id Lifestyle. Retrieved June 16, 2021, from ESQNews.id: http://esqnews.id/berita/tipe-tipe-toxic-person

Penulis: Rifa Qutratunisa

0 comments on “Tipe-Tipe Toxic PeopleAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hai Sobat Damai ?