Hari Tani Nasional dan Teknologi Pertanian

Hari Tani Nasional diperingati tiap 24 September. Penetapan Hari Tani Nasional ini dimulai pada era pemerintahan Presiden Soekarno. Bermula dari rancangan Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) No 5 Tahun 1960 yang telah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong dan diresmikan oleh Presiden Soekarno. Hari Tani Nasional yang ditetapkan pada tanggal 24 September sesuai dengan Kepres RI No.169 tahun 1963.

Hari Tani Nasional ini turut dirayakan oleh para petani di seluruh Indonesia. Hari Tani Nasional menjadi momentum bagi para petani, mengingat perjuangannya dalam memenuhi pasokan pangan bagi umat. Serta berperan pula sebagai penggerak roda perekonomian bangsa ini.

Indonesia sebagai negara agraris, dengan mayoritas penduduknya bekerja dalam sektor pertanian. Tentu harus didukung dengan peralatan canggih yang memudahkan para petani dalam bercocok tanam. Mengingat, sektor pertanian ini, menjadi salah satu komponen penggerak perekonomian dalam pembangunan nasional.

Pada masa sekarang ini, teknologi pertanian di Indonesia cukup berkembang pesat. Pasalnya telah hadir alat-alat canggih dalam sektor pertanian yang tentunya dapat menunjang para petani dalam meningkatkan hasil pangan. Serta, menjadi prospek yang bagus dalam dunia bisnis dalam bidang pertanian. Beberapa keuntungan para petani dengan hadirnya teknologi modern pertanian, diantaranya meningkatkan perekonomian, meringankan beban pekerjaan, dan mempermudah petani baik dalam proses pengolahan tanah, penanaman, hingga pada tahap pemanenan.

Dilansir dari website https://mcp-indonesia.com, terdapat klasifikasi teknologi pertanian modern berdasarkan fungsi alat pertanian yang dibagi menjadi  tiga bagian. Pertama, alat pengolah tanah. Kedua, alat penanaman dan perawatan modern. Dan ketiga, alat pemanenan modern.

Alat pengolah tanah dalam pertanian seperti garu sisir, bajak singkal, bajak subsoil, rotavator, dan garu piring. Untuk alat penanaman dan perawatan modern diantaranya mesin tanam Kentang, mesin tanam Jagung, mesin tanam Padi, mesin penebar pupuk, mesin penyemprot air, mesin irigasi, dan mesin penutup tanah. Sedangkan untuk alat pemanenan modern yaitu mesin pemanen Gandum, mesin pemetik Kapas, mesin pemanen Kentang, mesin pemanen Jagung, mesin pemanen Padi, dan mesin pemanen Tebu.

Penulis: Ika Titi Hidayati

0 comments on “Hari Tani Nasional dan Teknologi PertanianAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hai Sobat Damai ?