Habib Rizieq dan Polemik Kontroversialnya

Halo Sobat Damai!

Baru-baru ini negara kita ramai dengan berita yang cukup menggemparkan, yaitu kepulangan pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab atau yang lebih dikenal dengan Habib Rizieq. Kabar ini sempat menjadi topik panas di dunia maya karena menimbulkan beberapa masalah. Dilansir dari Pikiran Rakyat. Com, Imam besar tersebut pulang ke Indonesia pada selasa 10 November 2020 pagi.

Akibat dari kepulangannya itu membuat akses Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang, Banten) lumpuh karena kepadatan massa pendukung yang menyambut kedatangannya. Tol Cengkareng menuju kawasan bandara sempat macet total hingga puluhan jadwal penerbangan yang terpaksa delay atau reschedule. Diliput dari beberapa pemberitaan televisi seperti TVOne, nampak kepadatan pendukung ketua FPI sekaligus alumni PA 212 tersebut.

Tentu saja hal ini membuat ricuh warga net. Tagar Habib Rizieq sempat menjadi salah satu trending di media sosial. Sebagian besar ada yang menyambut dengan suka cita kepulangan tokoh besar ini, sedangkan sebagian lainnya ada yang mempermasalahkan kedatangannya karena dijemput oleh ribuan pendukung yang tidak menerapkan protokol kesehatan dalam situasi pandemi Covid19. Selain itu, tidak sekali dua kali Habib Rizieq tersandung kasus kontroversial. Kasus-kasus tersebut banyak membuahkan hasil berupa SP3 atau Surat Penghentian Penyidikan dan Penuntutan. Berikut ini ada beberapa polemik kontroversial yang melibatkan pemuka agama tersebut;

  1. Kasus penodaan Pancasila

Pada tahun 2018 silam, Habib Rizieq pernah dilaporkan atas tuduhan penodaan Pancasila. Kasus ini dilaporkan oleh puteri Ir.Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri di Polda Jabar. Dalam laman DetikNews pada tanggal 4 Mei 2018, kasus ini resmi ditutup dikarenakan tidak adanya bukti yang kuat. Padahal, Habib Rizieq sendiri sempat menjadi tersangka setelah sebelumya ditetapkan sebagai saksi terlapor.

  1. Kasus dugaan chat ‘dewasa’ dengan seorang wanita

Kasus dengan wanita cantik bernama Firza Husein ini sempat geger pada tahun 2017, dimana cuplikan isi percakapan Whatsaap tahun 2016 antara Habib Rizieq dan wanita itu viral di dunia maya. Bukan sembarang chat saja, tetapi isi cuplikan itu terindikasi mengandung unsur dewasa. Mahasiswa antipornografi membawa kasus ini ke pihak kepolisian. Namun tanpa alasan yang pasti, Polda Metro Jaya justru megeluarkan SP3 dan menghentikan jalannya kasus yang membawa nama imam besar tersebut.

  1. Ribut dengan Nikita Mirzani

Beberapa hari setelah kepulangannya, Habib Rizieq berhasil mencuri perhatian netizen. Bahkan nama artis Nikita Mirzani ikut menjadi sorotan publik pasca dirinya berkomentar mengenai kepulangan tokoh PA 212 itu. Nikita mengatakan dalam sesi Live Instagramnya bahwa nama Habib artinya penjual obat. Sontak saja hal ini memancing banyak simpatisan dan pendukung Habib Rizieq.

Kasus ini juga menyeret nama Ustadz Maheer At-Thuwailibi yang dianggap tidak mencontohkan perilaku yang benar sebagai tokoh agamis. Saling sindir dan cuitan pedas antara Nikita Mirzani dan Ustadz Maheer wara-wiri di media sosial twitter dan yang lainnya. Sebagian besar umat islam menyayangkan perkataan kasar Ustadz Maheer terhadap Nikita yang dinilai tidak pantas diucap oleh seorang alim ulama.

Karena kasus ini, Nikita Mirzani mendapat ancaman kepung rumah oleh ratusan ribu pendukung Habib Rizieq yang mengakibatkan rumah artis kontroversional tersebut dijaga ketat oleh pihak kepolisian.

Itulah 3 polemik kontroversial yang mengikutsertakan Habib Rizieq. Berkat kepulangannya itu, beberapa kasus kembali hangat diperbincangkan karena berpotensi dibuka dan diselidik kembali, mengingat seringnya Habib Rizieq mangkir atau memilih umroh selama beberapa tahun. Tentu saja, karena memiliki pengaruh yang besar di Indonesia, beliau dengan mudah menjadi sorotan baik secara langsung dan di dunia maya. Namun diharapkan agar masyarakat tidak terkecoh dan tidak mudah terprovokasi mengenai perpecahan antar kubu yang sangat mungkin terjadi.

Doc. Putri Syahrani/2020

0 comments on “Habib Rizieq dan Polemik KontroversialnyaAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?