Tips Menjaga Keamanan dan Keselamatan Berkendara

Musim penghujan menjadi tantangan tersendiri bagi para pengguna lalu lintas, selain karena guyuran hujan yang mengaburkan pandangan, jalanan yang licin mengaharuskan pengendara untuk ekstra berhati-hati demi menjaga keamanan dan keselamatan diri dalam berkendara.

Musim penghujan di Indonesia datang lebih awal dari biasanya. Hal ini sudah ditaksir oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan bahwa perkiraan musim hujan terjadi pada September hingga November 2022, sedangkan puncaknya pada Desember hingga Januari 2022.

Melihat fenomena kecelakaan lalu lintas yang semakin marak terjadi, maka penting bagi kita untuk mengetahui tips apa saja yang perlu diperhatikan dalam berkendara agar keamanan dan keselamatan tetap terjaga. Berikut lima tips berkendara yang kami rangkum untuk sobat damai ketahui:

  1. Pastikan Kendaraan Tak Bermasalah

Hal yang paling utama sebelum anda menggunakan kendaraan adalah memastikan bahwa kendaraan anda tidak bermasalah saat digunakan. Pastikan mesin kendaraan anda berfungsi dengan baik, periksa tekanan angin ban, rem tidak blong, tangki bensin terisi dan pastikan pula membawa perlengkapan berkendara seperti Helm (SNI), SIM dan STNK, berpakaian tebal (Jaket) dan bersepatu.

  1. Patuhi Rambu Lalu Lintas

Peraturan dibuat untuk dipatuhi demi keselamatan bersama, begitu pula halnya dengan rambu lalu lintas yang dibuat demi ketertiban berlalu lintas. Untuk itu patuhilah rambu-rambu yang ada. Berhentilah dan jangan menerabas saat lampu merah dan jika ingin menyalip, pastikan melalui sisi kanan.

  1. Jaga Jarak Aman

Menjaga jarak aman adalah cara paling mudah untuk menghindari tabrakan. Aturlah kecepatan kendaraan anda dengan menyesuaikan laju kendaraan di depan dan kanan-kiri anda.

  1. Hindari Distraksi

Salah satu hal yang kerap menghilangkan fokus pengendara yaitu adanya distraksi saat diperjalanan. Distraksi paling umum adalah menggunakan ponsel saat berkendara. Jika dalam situasi genting untuk menggunakan ponsel, pastikan anda menepi dan berhenti untuk menghindari kemacetan lalu lintas dan kecelakaan.

  1. Berisitirahat Sejenak

Apabila anda merasa kelelahan atau mengantuk, menepi dan berhentilah sejenak, pastikan tubuh anda fit dan fokus untuk kembali melanjutkan perjalanan.

Demikian tips berkendara yang bisa sobat damai terapkan. Ingatlah bahwa mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, jangan terburu-buru dan teruslah waspada agar perjalanan sobat tetap menyenangkan dan selamat sampai tujuan.

Penulis: Siska Irma Diana

0 comments on “Tips Menjaga Keamanan dan Keselamatan BerkendaraAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *