6 Tips Produktif Saat Ramadan

Ramadan di masa pandemi ini menuntut kita untuk melakukan aktivitas di rumah saja. Hal tersebut membuat seseorang bosan bahkan cenderung tidak produktif. Nuansa puasa pun membuat seseorang merasa lemas dan tubuh mengalami penurunan terhadap kekuatan tubuh karena kurangnya asupan makanan. Sehingga lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Padahal, dalam Islam kita dilarang untuk menyia-nyiakan waktu dan dituntut untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk tetap produktif. Agar tetap produktif meski berpuasa adalah dengan mengisi waktu kita dengan kegiatan-kegiatan produktif. Berikut beberapa tips sederhana untuk membuatmu lebih produktif selama berpuasa.

Menyusun Program/Rincian Kegiatan

Agar bulan Ramadan produktif, janganlupa untuk menyusun daftar kegiatan yang ingin dilakukan dan dicapai per harinya. Cukup membuat program kegiatan sehari-hari dengan menuliskannya dalam catatan baik di buku agenda atau di ponsel agar bisa dilihat dan menjadi pengingat kita. Susun daftar kegiatan mulai dari kapan waktu untuk sekolah, bekerja, olahraga, tadarus, beres-beres rumah, mengerjakan tugas, memasak, dan lain sebagainya. Dengan demikian, kegiatan menjadi lebih terorganisir sehingga kita bisa lebih fokus melakukan sesuatunya. Waktu Ramadan pun bisa lebih produktif . Agar menghindari kebosanan, kita dapat memodifikasi kegiatan-kegiatan kita setiap harinya.

Memaksimalkan Waktu Pagi

Waktu pagi adalah waktu yang sangat berharga bagi kita. Kita perlu memaksimalkan waktu pagi. Pagi menjadi critical moment untuk menentukan seberapa produktif seseorang dalam sehari. Untuk memaksimalkan waktu pagi bisa dimulai dengan bangun lebih pagi dan memulai aktivitas lebih awal. Pada pagi hari kita bisa mengerjakan beberapa pekerjaan penting karena di pagi hari energi dan semangat kita masih tinggi, sehingga pekerjaan bisa terselesaikan dengan maksimal. Terdapat pengaruh kebiasaan harian seperti aktivitas di pagi hari terhadap produktivitas. Dalam teori kesehatan psikologi, self-efficacy, ketika seseorang bisa menjalani hidup secara teratur (self-regulation) maka kepercayaan atas kemampuan dirinya akan meningkat. waktu pagi kita adalah representasi dari apa yang akan kita capai dalam sehari.

Tetap Berolahraga

Tips produktif ketiga saat Ramadan yaitu olahraga. Tetap jalankan rutinitas olahraga seperti biasanya agar tetap sehat di bulan Ramadan. Pilihlah olahraga yang bersifat ringan agar tidak terlalu menguras stamina. Mengingat ketika berolahraga dibulan puasa dapat menjadi tantangan tersendiri karena kita akan memiliki tingkat energi yang jauh berkurang seperti hari-hari biasanya. Lakukanlah olahraga ringan sebelum berbuka puasa. Karena ketika dalam kondisi berpuasa dan kita melakukan olahraga sebelum berbuka puasa, itu adalah waktu yang sangat efektif untuk membuang racun-racun di dalam tubuh kita dan membuat oksigen mengalir ke otak kita menjadi lebih maksimal sehingga kita memiliki energi yang lebih untuk melakukan pekerjaan pada esok harinya. Selain itu, berolahraga ketika puasa juga memperlancar peredaran darah dan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Olahraga yang bisa dilakukan ketika berpuasa seperti bersepeda, lari santai/jogging, yoga, dan sebagainya.

Membaca Buku 

Alquran menganjurkan kita untuk membaca dan mempelajari ilmu pengetahuan. Dapat dilihat dari ayat pertama yang diturunkan yaitu iqra atau bacalah menjadi bukti betapa pentingnya membaca bagi umat manusia. Bulan Ramadan adalah momentum untuk meningkatkan literasi, seperti halnya membaca buku. Membaca buku bisa menjadi solusi agar Ramadanmu menjadi produktif. Dengan mulai membaca buku baru atau melanjutkan buku yang telah dibaca sebelumnya, akan memperluas pengetahuan dan menjadi sarana hiburan yang bermanfaat dibulan Ramadan. Tak cuma menambah wawasan, lebih dari itu membaca buku pun bermanfaat untuk memperkuat otak. Hasil penelitian menyebutkan, bahwa kegiatan membaca buku melibatkan jaringan sirkuit dan sinyal yang kompleks dalam otak. Tak hanya itu, membaca buku juga berguna untuk menambah referesnsi kosa kata demi menunjang keterampilan bahasamu. Rekomendasi buku yang cocok sebagai bahan bacaan dibulan Ramadan seperti buku-buku sejarah, religi dan motivasi.

Memperbanyak Ibadah

Bulan Ramadan menjadi momentum bagi umat Islam untuk memaksimalkan ibadah. Pada bulan suci ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah seperti halnya dengan menambah sunnah dan membaca Alquran. Sunnah yang bisa dilakukan dibulan Ramadan seperti salat malam, yakni salat tarawih di masjid, salat witir sebelum tidur dan salat tahajud dikala sahur. Selain itu, perbanyaklah dzikir dan memperbanyak bacaan ayat-ayat suci Alquran. Ibadah di sini bukan hanya yang berhubungan dengan individu dengan Tuhan semata melainkan juga berperilaku baik dengan sesama manusia. Bersedekah pun menjadi ladang pahala bagi yang mengamalkannya. Seperti memberikan uang atau berbagi makanan berbuka puasa maupun sahur bagi yang membutuhkan merupakan salah satu kunci pembuka keberkahan.

Tekuni Hobi

Melakukan hobi adalah salah satu cara untuk dapat meningkatkan produktivitas. Apalagi Ramadan di masa pandemi menuntutmu untuk di rumah saja. Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk mengembangkan hobi. Seperti memasak, menulis, melukis, mendesain, merajut, dan lain-lain. Bahkan, berawal dari hobi bisa menjadikan sebuah karya atau produk yang bisa dikomersialkan dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Sumber:
https://www.exabytes.co.id/kegiatan-produktif-selama-ramadhan/

https://thr.kompasiana.com/yusufrafif0174/5eaee987d541df097a59c3d5/tips-produktif-ramadhan-di-tengah-pandemi-covid19

Penulis: Ika Titi Hidayati

0 comments on “6 Tips Produktif Saat RamadanAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *