Tips Agar Kelas Offline-Mu Tetap Aman dan Nyaman

Pandemi merubah banyak cara untuk bertahan hidup, dan merubah juga pola interaksi sosial dengan dukungan media sosial maupun teknologi yang semakin berkembang pesat. Salah satu dampak dari interaksi sosial yang berubah yaitu pada bidang pendidikan dengan terjadinya perubahan metode kegiatan belajar mengajar yang bertransformasi ke virtual dalam jaringan.

Namun, dengan menurunnya angka kasus Covid-19 dan kebijakan pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan  mencanangkan program kegiatan kelas tatap muka terbatas. Transformasi dari kegiatan penuh dalam jaringan (online) menjadi tatap muka terbatas membuat para siswa lebih terasa lega terlebih dengan penatnya belajar online, tetapi hal tersebut membuat siswa dan para orang tua khawatir akan penyebaran virus covid 19.

Untuk meminimalisir rasa khawatir tersebut, berikut merupakn tips agar kelas offline-mu tetap berjalan:

1. Persiapkan dan Patuhi Protokol Pesehatan

Tetap patuhi protokol kesehatan

Protokol kesehatan menjadi poin utama pada masa pandemi sekarang ini. Jangan sampai lengah dan lalai sehingga justru menjadi bumerang dan berdampak buruk pada kesehatan. Jangan pernah lupakan gerakan 5M  ya, yaitu:

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir
  • Menjaga jarak
  • Menjauhi kerumunan dan
  • Membatasi mobilisasi dan interaksi.

2. Pastikan Barang yang Kamu Bawa dan Lingkungan Sekitar Selalu dalam Keadaan Steril Ya

Keadaan steril membuat lebih aman dari paparan virus dan bakteri, maka dari itu tetap menjaga kebersihan diri dan barang bawaan, seperti dengan membawa bekal makan siang dari rumah, atau membeli makanan dari sekitar lingkungan sekolah menggunakan wadah bekal sendiri atau wadah sekali pakai. Menghindari diri dari kerumunan massa, sterilikan temat duduk atau barang di sekitar menggunakan saniter semprot atau tisu basah dengan kandungan antimikroba.

3. Jaga Kesehatan dengan Baik

Kesehatan fisik tetap penting juga loh, dengan menjaga kesehatan agar selalu vit menjadi lebih berarti bagi diri sendiri maupun orang lain di sekitar kita, baik anggota keluarga maupun teman. Dengan fisik yang sehat mampu menjaga imun dan mampu meminimalisir penyebaran mikroba fatogen dalam tubuh. Menjaga kesehatan tubuh dapat dimulau dari menjaga pola makan dan konsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, konsumsi tambahan suplemen seperti vitamin C, D, B kompleks dan tentunya ditambah dengan berolahraga.

  1. Kelola Emosional dan Suasana Hati dengan Baik

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat” ternyata sangat penting juga. Di mana pandemi ini dapat menyebabkan tekanan, insecure, stress dikarenakan berbagai macam persoalan internal maupun eksternal, maka sangat penting sekali agar selalu dalam keadaan waras dan mental health ini terjaga dengan baik  yang dapat berdampak pula pada proses belajar dan suasana hati. Menjaga suasana hati agar selalu baik mampu menciptakan rasa bahagia dalam diri sendiri dan mampu menularkan energi positif kepada orang lain.

Dengan adanya tips tersebut, semoga kamu mampu mengupayakan kondisi fisik, suasana hati dan lingkungan sekitar yang sehat dapat mengoptimalkan belajar offline-mu dan menjaga protokol kesehatan mampu meminimalisir penularan mikroba patogen seperti Covid-19.

Penulis: Manapiah Anadiroh

0 comments on “Tips Agar Kelas Offline-Mu Tetap Aman dan NyamanAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hai Sobat Damai ?