Reveal The Truth With Our Fingers

Reveal The Truth With Our Fingers

(Mengungkapkan Kebenaran Dengan Menggunakan Jari Kita)

Pada dasarnya teknologi merupakan sebuah aset yang patut disyukuri oleh seluruh elemen yang ada dimuka bumi. Melalui teknologi kita bisa melihat apapun yang kita mau, secara sederhana teknologi mampu memenuhi semua kebutuhan maupun keinginan kita. Teknologi menawarkan banyak hal yang dapat membuat diri kita berkembang atau sebaliknya. Menurut Kompasiana ada banyak sekali dampak positif dan negatif yang bisa kita dapat dari kemajuan teknologi pada zaman ini, kemajuan tersebut mencakup semua bidang yang ada.

Berbicara mengenai teknologi berarti berbicara juga mengenai penyebaran media informasi karena teknologi selalu dikaitkan dengan kecepatan penyebaran informasi. Hal ini sangat baik apabila informasi yang dibagikan dapat dipertanggungjawabkan namun sebaliknya akan menjadi boomerang bagi mereka yang hanya menyebarkan sebuah informasi tanpa memastikan kebenaran informasi tersebut. Pernyataan ini berkaitan dengan permasalahan yang mungkin sedang kita alami di negara kita tercinta, banyak sekali oknum-oknum yang dengan sengaja memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kepentingan pribadi dengan menjatuhkan orang lain melalui tulisan ataupun video-video yang bisa membangun opini publik, kegiatan ini sering disebut dengan cyber crime. Sudah bukan menjadi hal yang tabu apabila kita mendengar berita di televisi ataupun media masa bahwa Kepolisian Republik Indonesia telah menangkap beberapa oknum karena di duga menyeberkan berita yang mengandung unsur sara dan kebencian, berita-berita semacam itu seolah-olah menjadi konsumsi kita setiap hari. Sangat menyedihkan memang melihat berita seperti ini terjadi di negara kita tetapi apa mau dikata itulah fakta yang ada, kita tidak bisa mengubah apa yang sudah terjadi tetapi kita bisa memperbaiki hal ini kedepannya dengan memulai semua dari diri kita sendiri.

Mengukapkan kebenaran pada zaman ini tidak hanya dengan berbicara dari satu orang per orang, tetapi dengan menggunakan jari secara bijaksana setidaknya kita mulai melatih diri kita untuk mengungkapkan kebeneran. Sederhana sekali memang bahwa jari saja bisa mengungkapkan kebenaran tetapi itulah kenyataan yang terjadi. Pada zaman ini hampir seluruh elemen masyarakat memiliki yang namanya smartphone dan hampir setiap  hari  kita menggunakan teknologi tersebut. Smartphone pada dasarnya dibuat sebagai media penyampaian informasi agar lebih mudah dan cepat, tetapi sekarang sudah banyak pergeseran fungsi dari yang sebenarnya. Apabila pergeseran fungsi tersebut kearah yang positif sangat baik untuk dilakukan tetapi pada kenyataannya tidak demikian, banyak orang di dunia maya yang menyebarkan berita-berita berbau unsur sara dan ujaran kebencian. Hal tersebut sangat tidak sesuai dengan fungsi awal diciptakannya smartphone, kita tidak bisa melihat hal ini secara sepele karena apabila kita take it for granted kita bukanlah pengguna teknologi yang bijaksana. Kita harus memulai semua ini dari diri sendiri dengan menggunakan jari kita yang sangat kecil ini namun berdampak bagi banyak orang dengan cara membagikan hal-hal positif yang membawa elemen masyarakat kepada sebuah perdamaian. Serta memilih untuk  tidak menyebarkan informasi yang tidak memiliki sumber yang jelas, merupakan hal yang bijaksana untuk dilakukan setidaknya kita tidak mejerumuskan orang lain kepada opini yang tidak baik.

Maka dari itu marilah kita sama-sama melatih diri untuk menjadi pengguna teknologi yang bijaksana atau dalam kata lain marilah kita setia dalam perkara-perkara kecil supaya kita mampu melewati perkara-perkara yang lebih besar serta melihat kemajuan teknologi menggunakan sudut pandang yang benar. Secara sederhana kemajuan bangsa ini bisa dilihat dari bagaimana orang-orang di dalamnya dengan bijaksana menggunakan kemajuan teknologi yang ada. Salam Damai !

Penulis : Puji

Gambar : Pixabay

0 comments on “Reveal The Truth With Our FingersAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *