Tips Tetap Semangat Buat Kamu Korban PHK

Hari ini tak sedikit perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap para karyawannya. Tak lain, opsi ini dipilih untuk membatasi krisis finansial di masa pandemi Covid-19. Kecemasan pun datang dari berbagai pihak. Bukan hanya takut terinfeksi virus corona, tapi juga takut kena PHK.

Para ahli menyebut, perasaan sedih pasca kehilangan pekerjaan memang benar-benar ada. Ada banyak alasan yang mendasarinya. Mungkin, bagi beberapa orang, kehilangan pekerjaan tidak hanya dimaknai sebagai hilangnya pendapatan, lebih parahnya sebagian mereka merasa telah kehilangan identitasnya juga.

Selain itu, rasa ketidakpastian tentang masa depan juga akan semakin besar. Tak jarang, rasa ini biasanya disertai dengan kebingungan mengapa hal ini terjadi, dan amarah. Realita bahwa kita saat ini sedang berada di tengah pandemi Covid-19 juga akan menjadi tekanan tersendiri yang belum pernah dibayangkan sebelumnya. Efeknya beragam, bisa terisolir dari keluarga, teman, serta perasaan takut, cemas, panik, dan merasa tak berdaya.

Lalu bagaimana cara mengatasi kecemasan semacam ini? Bagi kamu pekerja yang sedang ada di titik ini, yuk cek tips menjaga kesehatan mental ala Sobat Damai!

Bersikap Baik pada Diri Sendiri

Sering kali kamu marah pada diri sendiri dan mengatakan ‘itu semua salah saya, saya tidak punya pekerjaan’, ‘tidak ada yang mau memperkerjakan saya’, ‘untuk apa saya mencoba jika akhirnya tetap gagal’. Para psikolog mengakui, kalau ungkapan yang menyalahkan diri sendiri tidak membantu untuk bangkit di masa krisis. Langkah pertama yang bisa kamu tempuh, kamu harus bersikap baik pada dirimu sendiri.

Kamu Punya Banyak Hal Positif Loh

Saat menganggur, kamu bisa jadi lebih fokus pada kekuranganmu dibanding kelebihanmu. Untuk mengatasi ini, kamu harus menguatkan dirimu sendiri dan mengingat semua atribut positif dari diri kamu. Tuliskan semua momen ketika kamu berhasil. Atau bisa juga tuliskan semua proyek yang membuatmu bangga atas kinerjamu.

Buat juga daftar keterampilan dan sifat kepribadian positif kamu. Ingatlah bahwa selama bertahun-tahun ini kamu sudah membantu banyak orang berkat kinerjamu. Ini bisa jadi langkah taktis, agar kamu mengingat sifat-sifat positif kamu. Dan stop menyalahkan diri sendiri ya Sobat damai!

Pertahankan Rutinitas Harian

Ketika tidak lagi memiliki pekerjaan, waktu bisa jadi terbuang sia-sia hanya karena meratapi nasib. Cobalah untuk melakukan aktivitas produktif dan teratur seperti berolahraga atau berjejaring. Buat jadwalmu sendiri sehingga kamu bisa lebih produktif untuk mempertahankan ritme kegiatan sehari-hari.

Buat Rencana Pencarian Kerja

Buat prospek untuk mencari pekerjaan. Coba pecah tujuan besar kamu menjadi tugas-tugas kecil yang bisa kamu kelola agar kamu dapat meraihnya. Tetapkan juga skala prioritas, seperti merevisi resume, mencari berbagai referensi, dan memantau media sosial atau situs website yang membuka lowongan pekerjaan.

Tetap Sehat

Jangan lupa untuk tetap sehat, karena pikiran sehat hidup dalam tubuh yang sehat pula. Jika kamu ada di masa kehilangan pekerjaan, teruslah menjaga pola hidup sehat. Seperti berolahraga, makan teratur, jika ada masalah kesehatan, segera konsultasi dengan dokter sebelum masalahnya semakin serius.

Selamat mencoba! Tetap semangat buat kamu yang sedang tidak memiliki pekerjaan saat ini. Tidak apa-apa, badai pasti akan berlalu. Hal yang terpenting, kita harus selalu berusaha selagi kita mampu. Semoga nanti kamu bisa menjemput pekerjaan impianmu ya Sobat Damai!

Siti Heni Rohamna
Duta Damai Banten

0 comments on “Tips Tetap Semangat Buat Kamu Korban PHKAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?