Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

Penyakit jantung dikenal sebagai salah satu penyebab utama kematian di dunia. Jantung juga merupakan salah satu organ utama tubuh. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan jantung. Meski masih muda, bukan berarti kamu tidak perlu menjaga kesehatan jantungmu. Dengan menerapkan gaya hidup sehat atau kebiasaan-kebiasaan yang baik bagi jantung sedini mungkin, kalian bisa memiliki jantung yang sehat hingga usia lanjut. Yuk simak tips-tips sederhana yang bisa kita terapkan untuk menjaga kesehatan jantung di usia muda!

1. Jangan merokok dan hindari asap rokok.

Menurut World Health Organization (WHO) resiko serangan jantung dan stroke bahkan lebih tinggi jika Anda terbiasa merokok.

2. Rutin Berolahraga.

Olahraga atau setidaknya aktivitas fisik ringan secara teratur yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung kita. Ketika kita berolahraga (yang dimulai dengan pemanasan yang tepat, tentu saja), jantung memompa darah lebih cepat, yang membuat pembuluh darah kita lebih fleksibel. Selain itu, oksigen didistribusikan ke seluruh bagian tubuh kita, yang membuat kita lebih bugar.

3. Menjaga Pola Makan Sehat

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah makanan yang tinggi lemak dan garam, seperti makanan cepat saji, daging asap, hot dog, dan kebanyakan gorengan. Jika Anda ingin jantung Anda sehat, makanlah makanan segar seperti sayuran, kacang-kacangan, dan salmon.

4. Rajin Minum Air Putih

Tahukah kamu bahwa minum air putih secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 54% pada pria dan 41% pada wanita? Hal ini karena air dapat melarutkan kadar garam dalam darah, sehingga memudahkan jantung untuk memompa darah segar ke seluruh tubuh. Secara umum, kebutuhan tubuh kita akan air dapat dikontrol dengan mengamati urin kita. Jika gelap, itu berarti tubuh kita membutuhkan lebih banyak air. Minum air putih 8 gelas sehari adalah kebiasaan yang sepele, namun memberikan manfaat yang besar bagi jantung dan tubuh kita.

  1. Istirahat yang Cukup

Jantung kita tidak hanya bekerja lebih keras ketika kita kekurangan nutrisi dan air, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh stres dan tekanan darah. Ketika kita memaksa tubuh kita melampaui batasnya, banyak bagian tubuh kita yang berubah, terutama jantung. Istirahat yang cukup memastikan metabolisme kita bekerja secara optimal, stres kita dikelola dengan lebih baik, dan tekanan darah kita normal.

Nah, itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung di usia muda.

Penulis: Devia Zilka

0 comments on “Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Jantung di Usia MudaAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hai Sobat Damai ?