Tips Mengkritik Sesuai Etika

Di era modern, kegiatan sosial juga menuntut kita dalam menggunakan teknologi, salah satu contohnya dalam kegiatan bersosial masyarakat sudah banyak beralih pada media maya atau digital. Contoh penggunaannya melalui media sosial Instagram, facebook, whatsapp bahkan visual audio seperti youtube dan tiktok. Hal ini kerap kali menjadi solusi dalam komunikasi atau menyampaikan aspirasi untuk masyarakat dalam memberikan keluh kesahnya, segala kegiatan masayrakat bisa kita ketahui melalui postingan status atau vlog kesehariannya. Dalam segala kemudahan orang berekspresi di dunia maya juga tak jarang kita dapati tindak kenakalan atau ketidaksopanan masayarakat dalam melakukan kritik yang berujung mengejek bahkan memaki-maki. Sementara pemerintah sudah memberikan undang-undang atau peraturan akan hal ini yang diatur dalam UU ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik) dalam mengatur kebebasan orang berekspresi.

Banyak sekali kasus tindak pidana yang berujung terjerat hukum dikarenakan kurang sehatnya kita dalam mengkiritk. Bagi kita sebagai masayrakat yang cinta tanah air mempunyai etika dalam mengkritik pemerintah atau orang lain, pada artikel kali ini kami akan sedikit membagikan Tips Bagaimana Cara Mengkritik, sehingga kita mampu memahami etika dalam mengkritik, berikut 4 tips yang akan dibagikan dalam etika mengkritik.

Berikan Kritik yang membangun

Dalam hal ini kita tentunya harus memahami perbedaan antara mengkritik dan menghujat, karena bisa-bisa kita memberikan kritik malah menimbulkan perasaan yang tidak enak untuk orang yang kita kritik. Hal yang harus diperhatikan tentunya kita harus bisa memilih kata-kata yang baik yang tidak berujung kesalahpahaman sehingga berujung hujatan atau perasaan yang tidak mengenakan kepada orang lain.

Sertakan kritik dengan solusi

Tips kedua ini memang termasuk kritik yang membangun juga karena selain kita memberikan kritik kitapun memberikan solusinya, meski pada dasarnya solusi adalah bonus yang kita berikan saat kita mengkritik seseorang, namun alangkah baiknya jika kita menyertakan kritik dan solusi tersebut. Dengan hal ini juga orang yang kamu kritik akan menerima lapang dada dan lebih segan terhadapmu karena sudah mau membantunya. Kamu tentunya bukan hanya memberitahukan kesalahan tetapi juga membantu untuk memecahkan masalahnya.

Sampaikan langsung kepada yang bersangkutan

Sebenarnya hal inilah yang utama kita harus perhatikan, karena dengan menyampaikannya secara langsung terhadap orang bersangkutan adalah etika sopan santun yang baik, juga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Mengkritik sesuai dengan situasi dan kondisi

Kamu harus pandai memahami waktu rekan atau orang yang akan kamu kritik, pilihlah waktu dimana dia sedang tidak sibuk dengan pekerjaan atau diwaktu santai, jangan sampai ketika kamu mengkritik orang disaat dia sedang banyak masalah juga, ini malah akan menimbulkan masalah baru baginya. Jadi kita harus tahu mood yang bagus juga untuk memberikan kritik tersebut. Janganlah memaksakan diri untuk memberikan kritik diwaktu yang salah, dan kondisi dimana tidak banyak krumunan atau ditempat umum.

Itulah 4 tips untuk kita dalam mengkritik, semoga dapat dicermati dan diimplementasikan, jika kalian mempunyai tips lebih silakan kalian manfaatkan dengan baik, semoga menjadi masyarakat yang cerdas dan cinta tanah air dengan mempertahankan kesatuan NKRI.

Sumber:

karipad.com. MEMBERI KRITIK TERNYATA ADA ETIKANYA LHO, APA SAJA YA?”. Diunggah pada Oktober 16, 2019

Penulis: Muhammad Rizki Riadhi

0 comments on “Tips Mengkritik Sesuai EtikaAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hai Sobat Damai ?