TIPS DALAM MENDIDIK ANAK

Seorang anak adalah penerus generasi bangsa. Maka dari itu untuk membentuk generasi yang baik, kita harus dapat menerapkan beberapa pendidikan kepada setiap anak yaitu dengan cara sebagai berikut :

1. Menjadikan Lingkungan Keluarga Sebagai Madrasah

Dalam membentuk karakter, lingkungan pertama yang akan menjadi sorotan si anak itu sendiri adalah lingkungan keluarga. Setiap orang tua harus mendidik anaknya dengan cara mencontohkan perilaku yang baik. jangan sampai sebuah permasalahan keluarga dipermasalahkan didepan anak. Karena hal itu akan membuat psikologis anak terganggu.

2. Konsisten

Mengapa demikian harus konsisten? Karena seorang anak akan menjadi paham tentang apa yang diinginkan oleh anda sebagai orang tuanya sehingga dapat lebih tenang jika diberikan sebuah perintah.

3. Panggil anak dengan nama

Pada saat kita memanggil anak juga sebaiknya dengan menyebut namanya, sehingga dapat menimbulkan sebuah rasa kepada anak dianggap oleh oleh orang tuanya.

4. Bangun kebiasaan mendengarkan cerita dari anak

Hal ini yang dapat membuat anak mendegarkan apa yang dikatakan oleh orang tua.  Ketika anda memberikan perintah kepada anak, bisa saja anak tidak mendegarkan perintah anda. Bisa saja anak anda sedang merasa lelah, kesal terhadap teman-temannya, maka dari itu peran orang tua harus bissa mengetahui kondisi si anak. Kemudian dengarkan apa permasalahannya.

5. Berilah apresiasi dan pujian

Tips terakhir dalam mendidik anak adalah dengan kita memberikan apresiasi dan pujian bila anak mendapatkan prestasi atau mengikuti kegiatan yang kita inginkan dan dia melaksanakannya dengan baik.

Penulis: Moh. Sopyan

0 comments on “TIPS DALAM MENDIDIK ANAKAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hai Sobat Damai ?