Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Olahraga di Kala Pandemi

Pada masa pandemi covid-19 ini aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Beragam aturan dan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah guna memutus rantai penyebaran Covid-19, seperti pembatasan sosial, penerapan protokol kesehatan, social distancing, dan sebagainya. Pandemi ini pun menuntut kita untuk tetap menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh. Mengingat imun tubuh yang lemah membuat tubuh lebih rentan tertular virus dengan gejala yang lebih kompleks.

Salah satu cara tuk meningkatkan imunitas tubuh di kala pandemi ini yakni dengan berolahraga. Olahraga ini menjadi aktivitas yang mudah dilakukan selama di rumah. Tinjauan ilmiah 2019 di Journal of Sport and Health Science, menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan respons imun, menurunkan risiko penyakit, dan mengurangi peradangan.

Olahraga yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh yaitu dengan latihan fisik ringan, yakni aerobik. Aktivitas aerobik misalnya berjalan kaki, berlari, berenang, atau bersepeda. Aktivitas aerobik selama 30 menit, mampu mengaktifkan kerja sel darah putih, yang menjadi komponen utama sistem kekebalan tubuh.

Ketika berolahraga aliran darah dan getah bening mengalami peningkatan saat otot berkontraksi, yang kemudian akan meningkatkan sirkulasi sel kekebalan. Inilah yang membuatnya menjelajah tubuh dengan kecepatan yang lebih tinggi dengan jumlah yang banyak.

Sebagaimana penjelasan di atas, aktivitas olahraga ini menjadi aktivitas alternatif untuk meningkatkan imunitas tubuh. Perubahan-perubahan positif akan terjadi di dalam sistem imunitas tubuh selama berolahraga dengan intensitas yang sedang yakni berkisar antara 30-45 menit. Berolahraga terlalu lama justru tidak baik untuk kekebalan tubuh. Dengan berolahraga, kita bisa meningkatkan ketahanan tubuh sebagai upaya agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang menyerang.

Penulis: Ika Titi Hidayati

0 comments on “Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Olahraga di Kala PandemiAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?