Rekomendasi 5 Wisata di Banten Selain Pantai

Banten adalah salah satu provinsi yang paling dekat dengan Ibu Kota. Letaknya yang strategis dengan keindahan alamnya yang luar biasa membuat Banten banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Pantai menjadi wisata yang paling diminati oleh para wisatawan yang berasal dari daerah-daerah tetangga seperti Jakarta, Depok, Bekasi dll. Selain pemandangan pantai yang memanjakan mata, pantai juga menjadi wisata yang cukup mudah aksesnya.

Tapi, sobat damai juga harus tahu loh kalau sebenarnya wisata di Banten ini engga yang itu-itu aja, ga melulu tentang pasir dan ombaknya. Berikut rekomendasi wisata yang bisa sobat damai kunjungi setelah drama pandemi ini usai:

  1. Keraton Surosowan

Keraton Surosowan ini dibangun sekitar tahun 1522-1526 pada masa pemerintahan Maulana Hasanuddin, yang kemudian dikenal sebagai pendiri dari Kesultanan Banten. Dinding pembatas setinggi 2 meter mengitari area keraton sekitar kurang lebih 3 hektare. Surowowan mirip sebuah benteng Belanda yang kokoh dengan bastion (sudut benteng yang berbentuk intan) di empat sudut bangunannya. Sehingga dulu Banten dikenal sebagai Kota Intan.

Saat ini bangunan di dalam dinding keraton tak ada lagi yang utuh. Hanya menyisakan runtuhan dinding dan pondasi kamar-kamar berdenah persegi empat yang jumlahnya puluhan.

Lokasi Keraton Surosowan berada di Jl. Masjid Agung Banten, Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten 42191. Keraton ini persis berada di depan Masjid Agung Banten.

  1. Pemandian Citaman

Citaman adalah salah satu surga tersembunyi yang wajib kamu cobain saat ke Pandeglang. Lokasinya berada di kaki Gunung Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten. Wisata Citaman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot berelaksasi mengobati segala stres dan tekanan yang dirasa karena kesibukan yang dimiliki.

Airnya yang jernih dan sangat dingin bukan hanya cocok untuk berendam menyejukkan badan, tetapi cocok juga loh untuk selfie di dalam air hehe.

  1. Telaga Biru Cisoka

Siapa bilang Tangerang isinya cuma pabrik dan kemacetan aja. Sobat damai tau ga sih kalo Tangerang juga punya wisata berbau alam yang instagramable. Salah satunya adalah telaga biru Cisoka yang terletak di Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang.

Telaga ini mulanya adalah lokasi penabangan pasir. Nah, sisa galiannya ini membentuk lubang yang digenangi air sehingga membentuk sebuah telaga dengan warna air yang unik. Setelah sudah tidak ada lagi aktivitas pertambangan sejak beberapa tahun terakhir, lokasi ini akhirnya disulap menjadi destinasi wisata.

  1. Hutan Monyet Kramat Solear

Berkunjung ke hutan monyet bisa dijadikan salah satu pilihan untuk berrekreasi saat akhir pekan maupun libur panjang. Hutan monyet ini terletak di Kec. Solear, Kab. Tangerang. Kita dapat bercengkrama dengan monyet-monyet yang ada di sini dengan cara memberi makan monyet-monyet yang ada di sini. Sobat damai ga perlu repot-repot membawa makanan dari rumah karena di sini banyak pedagang yang menyediakan makanannya.

  1. Arumdalu Farm

Sobat damai yang tinggal atau sering main ke Tangerang wajib banget nih coba wisata yang lagi hits banget ini. Namanya Arumdalu Farm, sebuah wisata kebun bungan matahari di tengah-tengah kota. Wisata ini terletak di kawasan Scientia Square Park, Serpong, Tangerang, Banten.

Selain objeknya yang sangat instagramable, di tempat ini juga kamu bisa memanen sayuran dan pastinya bisa dibawa pulang. Seru banget, kan!

0 comments on “Rekomendasi 5 Wisata di Banten Selain PantaiAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?