Peran Pendidikan Untuk Kemajuan Bangsa

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pendidikan merupakan salah satu elemen penting dari kemajuan suatu bangsa dan negara. Bayangkan bila para pemimpin kita, lalu masyarakat bahkan generasi penerus bangsa tidak menjadikan pendidikan sebagai sesuatu hal yang penting. Dapat dipastikan negara dan bangsa tersebut akan menjadi bangsa yang tidak memiliki arah dan terbengkalai karena tidak memiliki ilmu yang seharusnya dalam memajukan bangsa dan negara. Bahkan lebih parahnya lagi penjajahan mungkin bisa saja terjadi.

Sebagai bagian dari bangsa Indonesia dan generasi penerus bangsa sudah selayaknya bagi kita untuk terus mendapatkan pendidikan. seperti yang tertulis pada pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 yang memuat salah satu tujuan bangsa Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahkan pemerintah sendiri sudah mewajibkan masyarakatnya untuk mendapatkan pendidikan dasar selama 9 tahun.Negarapun sudah mengatur hak setiap warga Negara Indonesia untuk mendapatkan pendidikan sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas hidupnya pada UUD pasal 28 C ayat 1 dan 2 serta pasal 31 ayat 1 dan 2.

Begitu pentingnya sebuah pendidikan bagi meningkatkan kualitas sebuah negara. Negara indonesiapun memberikan hak untuk masyarakatnya agar mendapatkan pendidikan yang layak seperti yang tertera pada pemaparan diatas.

Berbicara mengenai pendidikan, pendidikan sendiri tidak selalu berbentuk ilmu pendidikan materi namun jangan lupakan pendidikan etika, norma bahkan agama. Saya rasa bila pendidikan ilmu serta pendidikan dalam beretika, bernorma serta agama berkesinambungan sudah dapat dipastikan negara akan dipenuhi dengan penerus generasi bangsa yang dapat menjadi generasi yang sempurna.

Dan jangan lupakan untuk terus menanamkan rasa nasionalisme agar apa yang dilakukan kelak tidak hanya untuk kepentingan pribadi namun untuk kepentingan negara pula. Sehingga apa yang kita pelajari dalam dunia pendidikan akan bersinergi dengan rasa nasionalisme yang akan bisa memajukan negara menjadi lebih baik.

Dengan pendidikan kita dapat meraih apapun, karena dengan pendidikan kita bisa mendapatkan ilmu yang merupakan jendela dunia. Oleh karena itu teruslah mencari ilmu agar hidup kita bisa selalu bermanfaat.

Harapan saya sebagai bagian dari penerus generasi bangsa ialah semoga tidak ada lagi wilayah yang tertinggal dalam segi pendididkan di negeri Indonesia tercinta ini. karena pendidikan merupakan elemen terpenting bagi kemajuan sebuah negara. Negara harus terus berusaha memberikan pendidikan yang merata bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

0 comments on “Peran Pendidikan Untuk Kemajuan BangsaAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?