PENTINGNYA INVESTASI SEJAK DINI!

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan dan keinginan manusia juga semakin meningkat. Setiap kita sudah semakin sukar untuk membedakan mana kebutuhan dan keinginan, karena tuntutan zaman yang terus mengajar. Hal ini juga mempengaruhi gaya hidup setiap kita, sehingga tidak jarang kita sering mengeluarkan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Kita membeli bukan karena membutuhkannya, namun karena tuntutan zaman yang memaksa kita untuk bisa memilki barang itu. Hal ini yang terkadang membuat sebagian orang rela berhutang, demi memenuhi gaya hidupnya. Bila terus berlanjut, kebiasaan seperti ini tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan finansial kita. Untuk itu, penting untuk mencari cara untuk mendayagunakan uang yang kita miliki agar dapat memenuhi kebutuhan yang ada. Salah satu cara untuk mendayagunakan uang yang kita miliki adalah dengan melakukan investasi.

Investasi adalah suatu tindakan menanamkan sumber daya atau modal yang kita miliki dengan harapan bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih besar di masa yang akan datang (Laboratory, 2019). Investasi sangatlah penting dilakukan sejak awal agar kita dapat mempersiapkan kebutuhan yang terencana maupun yang tidak terencana di masa yang akan datang, seperti dana pendidikan, dana pada saat sakit, maupun dana pensiun. Terdapat berbagai macam instrumen investasi yang dapat dilakukan, seperti investasi tabungan berjangka/deposito, emas, property, saham, ataupun kurs mata uang asing. Pilihan terhadap instrumen investasi haruslah didasarkan pada tujuan kita melakukan investasi itu sendiri, sehingga jangan asal memilih.

Selain untuk mempersiapkan dana masa depan, investasi juga akan melatih kita untuk membentuk kebiasaan dalam memanajemen uang. Dengan begitu, kebiasaan boros akan bisa terhindar dan kita bisa memiliki finansial yang sehat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan investasi sedini mungkin. Namun dalam melakukan investasi, kita juga harus mengetahui tujuan melakukan investasi dan resiko yang dimiliki. Untuk itu, kita perlu bijak dalam melakukan investasi agar kelak bisa mendapatkan manfaat dari investasi yang telah dilakukan.

“Berinvestasi memang lebih baik dimulai sedini mungkin karena hasil investasi baru benar-benar dapat kita rasakan dalam jangka panjang”

-Warren Buffett-

Referensi:

Laboratory, B. M. (2019, December 9). Binus University. Retrieved from bbs.binus.ac.id.

Penulis: Yohanes Kasih Tua

0 comments on “PENTINGNYA INVESTASI SEJAK DINI!Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hai Sobat Damai ?