Mindfulness untuk Membantu Berdamai Dengan Keadaan

Sekarang ini banyak banget nih di media sosial yang ngomongin tentang mindfulness, emang apa sih mindfulness itu? Mengutip dari riliv.co Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk bisa selalu sadar dengan kondisi saat ini, apa yang sedang kita lakukan. Tidak berlarut-larut dengan memori masa lalu dan tidak terus menerus melamun tentang keinginan di masa mendatang.

Terus apa hubungan mindfulness dengan berdamai dengan keadaan? Jadi, Ketika kita menjadi mindfulness, atau kita menjadi sadar sepenuhnya, kita akan mampu mengidentifikasi dan mengatur emosi dengan baik, terutama pada emosi yang bisa mengganggu secara pribadi hingga profesi kita. Ketika semua hal positif tidak kita dapatkan tentunya membuat kita jadi cenderung negative dan mempengaruhi baik Kesehatan fisik maupun mental, dengan mindfulness kita bisa meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik. Dengan memiliki fisik yang jauh lebih sehat, psikis yang bebas stress dan hubungan sosial yang baik.

Era COVID-19 masih berlangsung, meskipun pemerintah sudah menerapkan kebiasaan baru yang menjadi cara untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini. Bagi Sebagian orang ini mungkin hal yang biasa saja, tapi bagi Sebagian orang lain mungkin masih dilanda rasa was-was dan takut yang berlebih, banyak hal negative yang masih meliputi hati dan pikirannya.  Sehingga mulai banyak praktisi psikologi yang menyerukan untuk menjaga kesehatan mental, dengan bermeditasi, berteman dengan keheningan untuk refleksi diri, dan lainnya. semua itu bertujuan untuk membantu kita mengurangi emosi-emosi negative yang berlebih yang berdampak pada kesehatan mental, yang akibatnya tentu sangat panjang kedepannya.

Dalam kehidupan ini ada satu hal yang harus semua manusia pahami, bahwa tidak semua hal yang terjadi di dunia ini, di dalam kehidupan kita bisa kita kontrol, banyak hal yang bisa terjadi di luar jangkauan kita, di luar control kita, salah satunya terjadinya pandemi ini dan berbagai situasi dan kondisi yang turut hadir. Kita tidak bisa mengatur untuk tidak terjadi.

Terlebih dalam keadaan seperti sekarang ini, sulit dan berat sekali rasanya untuk menjalani hari-hari, diliputi oleh rasa khawatir yang tidak berkesudahan.

Mindfulness membantu kita untuk berdamai dengan keadaan apapun yang sedang kita alami saat ini, mindfulness mengajarkan kita untuk hidup secara sadar dan utuh dalam menjalani hari ini, seperti yang dijelaskan di awal tidak berlarut dalam masa lalu dan tidak terus-terusan membayangkan masa depan karena sejatinya kita nggak bisa mengatur masa lalu dan masa depan, yang ada untuk kita adalah saat ini, hari ini dan kegiatan-kegiatan yang sedang kita lakukan.

Dengan menjadi sadar sepenuh nya kita bisa jadi lebih bisa untuk memahami, menerima dan memaknai apapun yang sedang kita alami dan jalani saat ini, kemudian hal itu membuat kita mampu berdamai dan menerima sepenuhnya keadaan atau situasi yang terjadi.

Mindfulness sendiri bisa dilatih dengan melakukan meditasi, melatih untuk mengenali perasaan diri sendiri dan memperhatikan sepenuhnya apa-apa yang sedang terjadi, memerhatikan sekita kita dan apa yang sedang kita lakukan.

 

0 comments on “Mindfulness untuk Membantu Berdamai Dengan KeadaanAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?