Mengenal Cyberbullying dan Dampaknya Bagi Kehidupan Korban

Keberadaan media sosial di era ini sangat membantu proses komunikasi dan memudahkan kita untuk terhubung satu sama lain. Jarak, ruang, dan waktu bukan lagi menjadi permasalahan kompleks untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Kita hanya membutuhkan seperangkat gadget yang tersambung dengan jaringan internet yang berfungsi dengan baik.
Namun, kemudahan komunikasi atas keberadaan media sosial juga bukan tanpa konsekuensi. Dengan segala macam manfaat yang dapat kita ambil dari keberadaannya, media sosial juga menimbulkan efek negatif yang tidak sedikit. Tentu saja efek negatif ini muncul dari ketidakbijakan penggunanya itu sendiri dalam menggunakan media sosial. Salah satu dampak negatif tersebut adalah cyberbullying.
Cyberbullying menjadi kata yang tidak asing lagi di telinga kita sejak media sosial menjadi konsumsi sehari-hari. Dilansir dari web unicef.org, Cyberbullying (perundungan dunia maya) ialah bullying/perundungan dengan menggunakan teknologi digital. Hal ini dapat terjadi di media sosial, platform chatting, platform bermain game, dan ponsel. Cyberbullying merupakan perilaku berulang yang ditujukan untuk menakuti, membuat marah, atau mempermalukan mereka yang menjadi sasaran.

Bentuk Cyberbulying
Perundungan di dunia maya terdiri dari berbagai macam bentuk dengan tujuan untuk menakuti, mempermalukan, membuat marah, dan bahkan menjatuhkan mental orang yang menjadi sasarannya. Berikut adalah contoh perundungan di dunia maya:

a. Menyebarkan kebohongan atau memposting foto/ video atau hal memalukan lainnya untuk mengolok-olok seseorang di media sosial
b. Mengirimi pesan ancaman yang menyakitkan melalui platform chatting, memberikan komentar pedas atau meremehkan yang menyakitkan, atau memposting hal-hal yang memalukan seseorang.
c. Membuat akun palsu mengatasnamakan orang lain (fake account) untuk berbuat jahat kepada orang lain.

Dampak Buruk Cyberbullying
Cyberbullying menjadi berbahaya karena banyaknya akses yang dimiliki oleh orang lain terhadap dirimu. Mudahnya akses internet dengan bantuan gadget dan aplikasi media sosial membuat pelaku menjadi semakin mudah untuk memiliki bahan untuk mem-bully seseorang.
Pelaku cyberbullying juga sering kali dilindungi oleh anonimitas yang disediakan oleh internet. Maksudnya, pelaku cyberbullying dapat melancarkan aksinya tanpa harus khawatir diketahui identitasnya sebab memiliki akses untuk tidak menampakkan mukanya kepada korban. Ia dapat saja membuat fake account atau menyamarkan namanya sendiri dan mengaku menjadi orang lain ketika melancarkan aksinya.
Bila bullying secara langsung biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki badan yang lebih besar atau teman-teman yang lebih banyak dibandingkan korban, cyberbullying membuat perilaku bullying dapat dilakukan oleh siapa saja dengan akses internet dan niat buruk terhadap seseorang. Bahkan orang-orang yang biasanya berdiam diri di dunia nyata pun dapat menjadi orang lain seutuhnya di dunia maya.

Bullying yang diterima seseorang di dunia maya akan membuat korbannya merasa seperti diserang dari mana-mana, bahkan di dalam rumahnya sendiri. Situasi ini membuatnya sepertinya tidak memiliki jalan untuk keluar dari serangan tersebut. Dampaknya dapat bertahan lama dan memengaruhi seseorang dalam banyak cara:

Secara Mental — merasa kesal, malu, bodoh, bahkan marah
Secara Emosional — merasa malu atau kehilangan minat pada hal-hal yang kamu sukai
Secara Fisik — lelah (kurang tidur), atau mengalami gejala seperti sakit perut dan sakit kepala

Perasaan ditertawakan atau dilecehkan oleh orang lain dapat membuat seseorang tidak ingin membicarakan atau mengatasi masalah tersebut. Dalam kasus ekstrim, cyberbullying bahkan dapat menyebabkan seseorang mengakhiri nyawanya sendiri.
Cyberbullying dapat mempengaruhi kita dengan berbagai cara, tetapi tentunya masalah ini dapat diatasi dan orang-orang yang terdampak juga dapat memperoleh kembali kepercayaan diri dan kesehatan mental mereka.

Sumber:
https://www.unicef.org/indonesia/id/child-protection/apa-itu-cyberbullying
https://maxima.id/kenali-bahaya-dari-cyber-bullying-2/

0 comments on “Mengenal Cyberbullying dan Dampaknya Bagi Kehidupan KorbanAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?