LIMA FAKTA UNIK PRAMUKA YANG MASIH EKSIS SAMPAI SAAT INI

“Tepuk Pramuka..” Setiap masyararakat Indonesia baik kalangan pelajar atau lainnya pasti tahu tentang Tepuk Pramuka ini. Banyak dari kita tahu tentang Pramuka adalah suatu ekstra kurikuler yang ada di sekolah, padahal setiap orang adalah Pramuka, dan seragam hanyalah formalitas. Kalimat ini sering terlontar dari anak-anak Pramuka di sekolah. Hal ini memang benar karena setiap jiwa yang selalu ingin berkarya, mengabdi pada negara, bangsa dan agamanya adalah seorang Pramuka.

Pramuka selalu diperingati oleh masyarakat Indonesia pada tanggal 14 Agustus. Mengapa kita memperingati Hari Pramuka pada Tanggal 14 Agustus? Sejarahnya pada tanggal 14 Agustus 1961 dikenal sebagai titik puncak Kepramukaan. Karena pada saat itu adalah momen pemberian anugrah Panji Kepramukaan dan pada hari itu pula diadakan pelantikan Kwarnas (Kwartir Nasional). Sri Sultan Hamengkubuwono IX menjadi ketua Kwarnas pertama dalam menandai Gerakan pramuka di Indonesia, sebab itu pula loh kita punya bapak Pandu Pramuka Indonesia. Sudah sejauh ini pramuka berdiri di Indonesia, tahukan sobat damai bahwa pramuka masih sangat eksis di Indoensia dan internasional meski sudah sekian lama, untuk itu mari lanjutkan membaca lima fakta unik pramuka yang masih eksis sampai saat ini:

1. Lambang Pramuka Indonesia yang mencolok

Apakah sobat damai bisa mencari lambang pramuka Indonesia diatas? Lambing pramuka yang sangat mempunyai perbedaan begitu menonjol dengan yang lain, meski terkesan sederhana namun filosofinya begitu mendalam. Lambang pramuka kit aini adalah tunas kelapa yang diperkenalkan oleh Sumardjo Armodipuro.

Tunas kelapa ini menyiratkan pramuka sebagai inti dari kelangsungan hidup bangsa yang lahir dari generasi ke generasi, pohon kelapa ini melambangkan seorang peramuka yang kuat dan gigih, dan batangnya yang tinggi mengandung cita-cita seorang pramuka yang tinggi pula. Pohon kelapa juga tumbuh dimana-mana, dan setiap dari kelapanya mampu dimanfaatkan menjadi apapun. Hal ini mengandung arti bahwa pramuka sangatlah bermanfaat bagi bangsa dan agama.

2. Makna Pramuka

Makna pramuka, yang berasal dari singkatan Praja Muda Karana, mengandung arti  Orang Muda yang Suka Berkarya. Sebab itulah setiap jiwa yang selalu ingin berkarya adalah seorang Pramuka.

3. Pramuka adalah Pendidikan di Luar Lingkungan Sekolah

Pramuka selalu dikemas dengan hal yang menarik untuk diikuti, bermain sambal belajar sudah menjadi kurikulum yang wajib diterapkan dalam pramuka, sebab itu juga pramuka kerap dilakukan di alam terbuka. Hal ini menjadikan prinsip dasar metode dalam pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti yang mudah dibentuk dalam lingkungan luar atau berbaur dengan masyarakat.

4. Raja kesultanan Yogyakarta seorang Bapak Pramuka Indonesia

Jika Baden Powell adalah Bapak Pramuka Dunia, Sri Sultan Hamengkubuwono IX adalah bapak Pramuka Nasional. Mengapa  mantan Gubernur Yogyakarta ini mendapat gelar tersebut? Hal ini berkaitan dengan dipringatinya hari pramuka nasional, sebab beliau mampu mempersatukan Gerakan Pramuka yang ada di Indonesia pada masa ‘kepanduan’ dan pada saat itu juga beliau dipilih sebagai ketua Kwarnas pertama yang menandai adanya Gerakan Pramuka.

5. Lambang WOSM

Sudah tak asing bagi kita melihat lambang berwarna ungu ini yang selalu menempel pada seragam cokelat Pramuka, lambang ini adalah simbol pramuka Dunia yang disebut dengan WOSM (World Organization of the Scout Movement). Lambang kelopak bunga berwarna putih ini digunakan oleh Baden Powell yang dikenal sebagai bapak Pramuka Dunia, untuk disematkan pada 22 anak laki-laki pada sat perkemahan pada atanggal 25 Juli  sampai 2 Agustus 1907 di Pulau Bwonsea.

Itulah fakta unik seputar pramuka yang masih sangat eksis sampai saat ini, versi duta damai Banten. “salam pramuka, tepuk pramuka” semoga bermanfaat.

Referensi:

okezone.com “Besok Hari Pramuka, Kamu Harus Tahu 5 fakta Menariknya”

Penulis: Muhamad Rizki Riadi

0 comments on “LIMA FAKTA UNIK PRAMUKA YANG MASIH EKSIS SAMPAI SAAT INIAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hai Sobat Damai ?