International Youth Day : Saatnya Anak Muda Menjalani Gaya Hidup Sehat

International Youth Day atau Hari Remaja Internasional adalah sebuah perayaan yang digagas oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1998. Tepatnya tanggal 12 Agustus 1998, peringatan pertama di tahun 2000. Terkait keremajaan, International Youth Day juga dijadikan sebagai wadah bagi anak muda di dunia untuk berbagi ilmu dan informasi. Motivasi untuk mengeluarkan peringatan ini adalah karena banyak negara besar PBB di dunia percaya bahwa diperlukan hari khusus untuk merayakan hal-hal yang berkaitan dengan remaja.

Tema Hari Pemuda Internasional tahun 2021 adalah “Transforming Food Systems: Youth Innovation for Human and Planetary Healt” atau ” Transformasi Sistem Pangan: Inovasi Remaja untuk Kesehatan Manusia dan Planet”. Kegiatan ini bertujuan untuk menyoroti cara-cara melibatkan remaja di lembaga dan proses nasional dan multilateral di tingkat lokal, nasional dan global, dan untuk meningkatkan peran pemuda secara signifikan. Selain itu, kegiatan untuk memperingati Hari Remaja Internasional mendorong Remaja dari seluruh dunia untuk menyelenggarakan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran akan situasi remaja di negara mereka. Satu hal yang harus diwaspadai oleh generasi muda adalah perkembangan kesehatan. Peran remaja dalam meningkatkan kesadaran akan gaya hidup sehat merupakan kebutuhan mendesak bagi perkembangan dunia yang sehat.

Namun faktanya kebanyakan remaja meremehkan pentingnya kesehatan bagi mereka. Masih banyak orang yang percaya bahwa ketika mendekati usia tua, penyakit akan muncul. Pemikiran ini adalah kesalahan serius. Pasalnya, tanpa memandang usia, penyakit tidak akan pernah melihat siapa orang itu dan berapapun usianya. Untuk itu, remaja masih perlu memahami pentingnya kesehatan bagi dirinya. Kebiasaan buruk remaja adalah merokok dan minum-minuman keras. Hal semacam ini tampaknya dianggap biasa bagi remaja.

Masa remaja merupakan masa ketidakstabilan, terutama dalam hal pemikiran dan jati diri. Oleh karena itu, baik lokal maupun global, peran semua pihak meyakini bahwa perlu selalu diingatkan kepada masyarakat untuk memperhatikan pendidikan remaja, agar tidak terjerumus ke dalam situasi yang negatif.

Sebagai generasi muda, remaja memiliki fungsi Agent of Change, Moral Force, dan Control Social. Agen perubahan (Agent of Change) merupakan hal terpenting yang dibutuhkan saat ini, sebagai pemicu perubahan pada remaja dan kelompok usia lainnya (seperti anak-anak dan orang tua).

Di masa pandemi COVID-19, peran anak muda sangat penting, terutama dalam memberikan informasi dan edukasi kepada orang-orang di sekitarnya. Pasalnya, anak muda saat ini sangat menguasai teknologi dan informasi. Dalam suasana pandemi ini, generasi muda memiliki kemampuan dan kesempatan untuk menciptakan lingkungan dan beradaptasi dengan situasi apapun, termasuk menerapkan gaya hidup baru sesuai dengan protokol kesehatan, agar terus terhindar dari dampak buruk pandemi COVID-19.

Peran generasi muda dalam meningkatkan kesehatan dunia sangat penting, yaitu menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat. Dengan menerapkan pola hidup sehat yang penuh semangat dan berkesinambungan, otomatis akan banyak memberikan efek positif bagi tubuh. Mulailah dengan kebiasaan baik diri sendiri dan lingkungan keluarga.

Referensi:

https://tirto.id/hari-remaja-internasional-12-agustus-2021-sejarah-tema-tujuan-givo

Penulis: Devia Zilka

0 comments on “International Youth Day : Saatnya Anak Muda Menjalani Gaya Hidup SehatAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hai Sobat Damai ?