Ini Dia Pulau Padar di Labuan Bajo yang Membuat Banyak Orang Terpesona!

Belakangan ini Labuan Bajo sedang menjadi trend wisata populer di Indonesia. Mungkin sobat damai sudah akrab dengan foto-foto kenampakan alamnya di social media. Seperti foto cover di atas, bentangan bukit sabana, pepohonan, dan semak-semak ditambah birunya laut sukses membuat kita tergoda untuk kesana. Namun, tahukah kamu apa nama pulau tersebut?

Pulau Padar

Pulau tersebut adalah Pulau Padar. Pulau Padar merupakan salah satu pulau yang terletak di desa Labuan Bajo Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju kesana, kamu perlu bersabar karena diperlukan waktu sekitar 3,5 jam dari Pelabuhan Labuan Bajo. Meski begitu kesabaranmu akan terbayar, karena disuguhkan oleh birunya laut sepanjang perjalanan.

Waku Berkunjung Pulau Padar

Bila kamu ingin menikmati gradasi Pulau Padar berwarna orange kecoklatan datanglah saat musim kemarau. Namun pastikan kamu sudah siap apabila kulit menjadi lebih gelap ya! Matahari saat musim kemarau akan sangat terik dan terasa menyengat. Sedangkan, bila kamu ingin menikmati hijaunya Pulau Padar datanglah saat musim hujan. Pilih waktu pagi hari agar dapat menikmati sunrise serta sejuknya udara. Kamu juga jadi punya banyak waktu untuk menikmati pemandangan bila datang di pagi hari.

Keunikan Pulau Padar

Ternyata, di sekitar pulau tak berpenghuni ini terdapat berbagai teluk serta pulau-pulau kecil. Di setiap penjurunya dihiasi oleh terumbu karang cantik. Pasir berwarna putih, abu-abu, merah muda melengkapi keindahan Pulau Padar. Pulau-pulau di sekitarnya dapat kamu explore untuk melakukan diving atau snorkeling.

Perhatikan Situasi

Ketika kamu memutuskan untuk mengunjungi Pulau Padar, kamu tentu tau bahwa kamu perlu kehati-hatian yang lebih. Ini karena kondisi trekking Pulau Padar yang curam dan bebatuan. Jangan sampai saat mendaki atau berswafoto kamu terperosok jatuh. Selain itu berhati-hatilah karena pulau ini menjadi tempat penampungan bagi komodo-komodo nakal yang pernah menggigit turis saat berlibur di Pulau Komodo.

Tetap Jaga Alam

Pesona pulau padar tidak akan pudar apabila pengunjung disiplin menjaga alam. Bila kamu ingin berkunjung pastikan untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat dan tidak merusak lingkungan seperti mencabut tanaman atau menebang pepohonan.

Referensi:

Kurniasari, F. (2021, Februari 18). 5 Fakta Yang Bikin Takjub Dengan Pulau Padar Labuan Bajo! Retrieved September 16, 2021, from Velo Life: https://id-velopedia.velo.com/pulau-padar-labuan-bajo/

Trivindo. (2021, September 09). Pesona indahnya Pulau Padar yang wajib kamu kunjungi! Retrieved September 16, 2021, from https://www.trivindo.com/tempat-wisata/pulau-padar-labuan-bajo.html

Penulis: Rifa Qutratunisa

0 comments on “Ini Dia Pulau Padar di Labuan Bajo yang Membuat Banyak Orang Terpesona!Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hai Sobat Damai ?