Indonesia Desak Tindakan Tegas Terhadap Kekerasan Rasial di Urgent Debate Dewan HAM PBB

Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyelenggarakan urgent debate di Jenewa, Swiss terkait kekerasan rasial pada Rabu 17 Juni 2020 waktu setempat.

Urgent debate ini dilaksanakan atas permintaan Afrika atas maraknya kekerasan rasial, terlebih pasca kasus kematian George Floyd di Amerika Serikat yang memancing perhatian Internasional.

Dalam urgent debate tersebut Indonesia yang diwakili oleh Hasan Kleib menyuarakan keprihatinannya terhadap tindakan diskriminasi dan kekerasan yang ada di dunia, terutama kekerasan yang disebabkan oleh kebencian yang berdasar atas perbedaan ras. Indonesia juga menyerukan tindakan tegas atas aksi kekerasan rasial. Indonesia mengusulkan agar Dewan HAM dan Komisi Tinggi HAM memperkuat kerja sama penghapusan diskriminasi rasial dan kekerasan dalam penegakkan hukum.

Usulan Indonesia tersebut juga mencakup toleransi dan juga penghormatan atas perbedaan ras, etnis, dalam segala tingkatan masyarakat, serta adanya penguatan budaya dan akuntabilitas hukum. Selain itu Indonesia juga mengusulkan program pendidikan HAM di lembaga penegakkan hukum.

Dalam forum tersebut Indonesia juga dipercaya untuk menyampaikan sebuah pernyataan bersama Core Group Convention Againts Torture Initiative (CTI). CTI yang diwakili Indonesia menyerukan zero tolerance terhadap rasisme dan diskriminasi. Selain itu CTI juga menyoroti kebijakan hukum yang people centered dan berorientasi pada pencegahan kekerasan.

Sebagai negara yang memiliki keragaman etnis, Indonesia konsisten menyuarakan anti rasisme sebagai pilar pemersatu di antara negara-negara berkembang. Isu anti rasisme telah menjadi fokus politik luar negeri Indonesia sejak awal berdirinya Indonesia khususnya dalam Konferensi Asia Afrika untuk melawan praktik penjajahan di masa itu.”

Dalam urgent debate tersebut juga Dewan HAM PBB juga memperlihatkan sebuah pesan video dari Philonise Floyd, adik dari George Floyd, yang isinya mendukung Dewan HAM PBB untuk membentuk commission of inquiry atau komisi penyelidikan untuk menyelidiki kasus pembunuhan George Floyd oleh polisi di Amerika Serikat.

 

 

Sumber:

https://damailahindonesiaku.com/sidang-ham-pbb-indonesia-desak-tindakan-tegas-terhadap-kekerasan-rasial.html

https://rri.co.id/internasional/853975/indonesia-serukan-tindak-tegas-aksi-kekerasan-rasial?utm_source=share_link&utm_medium=external_link&utm_campaign=General%20Campaign

0 comments on “Indonesia Desak Tindakan Tegas Terhadap Kekerasan Rasial di Urgent Debate Dewan HAM PBBAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?