HARI KONSTITUSI INDONESIA

Kemarin adalah perayaan HUT RI yang ke – 76, hari ini masyarakat akan memperingati Hari Konstitusi Indonesia yakni pada tanggal 18 Agustus 2021. Kemudian apa itu hari Konstitusi Indonesia? Mari kita simak penjelasanya dibawah ini.

Gagasan awal diperingatinya Hati Konstitusi Indonesia yaitu berawal dari sebuah artikel Mochamad Isnaeni Ramadhan, yang berjudul “Hari Konstitusi Indonesia”dalam Harian Suara Karya, Pada jumat, 15 Agustus 2008. Didalamnya terdapat bahasan mengenai betapa pentingnya konstitusi bagi landasan berkehidupan dan bernegara.

Beliau juga menyinggung betapa pentingnya mereflesikan gagasan para founding Fathers yang merancang, kemudian pada saat itu mengesahkan konstitusi Indonesia yakni dalam sebuah bentuk Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pada 18 Agustus 1945 lalu.

Dapat kita ketahui bahwa isi UUD 1945 itu dirancang pada 29 Mei 1945 sampai 16 Juni 1945 oleh BPUPKI, kemudian dilanjutkan serta disahkan oleh PPKI.

Beberapa tokoh yang terlibat dalam merumuskan UUD 1945 antara lain Dr. Radjiman Widiodiningrat, Ki Bagus Hadikoesoemo, Oto Iskandardinata dan yang lainnya.

Konstitusi adalah dasar ataupun prinsip dalam bernegara. Kemudian pada umumnya konstitusi merujuk pada penjaminan hak kepada rakyat mengenai beberapa hal yaitu hakikat  dari konstitusi yaitu terciptanya keadilan, ketertiban, kebebasan dan juga kesejahtraan.

Penulis: Moh. Sopyan

0 comments on “HARI KONSTITUSI INDONESIAAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hai Sobat Damai ?