GONG PERDAMAIAN DUNIA ADA DI INDONESIA!

Pada tahun 1999 telah terjadi sebuah tragedi kemanuisian di kepulauan Maluku, tepatnya di kota Ambon. Ini merupakan sebuah sejarah yang tidak akan pernah terlupakan dari ingatan Bangsa Indonesia hingga saat ini. Kepedihan yang terjadi pada masa itu sangat melekat bagi masyarakat Ambon. Bisa dikatakan sejarah yang terjadi pada tahun 1999 menjadi sejarah yang pahit bagi bangsa ini. Lunturnya nilai-nilai tolerenasi pada masa itu menjadi polemik utama bagi peristiwa yang sangat bersejarah ini. Citra Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang ramah, penuh toleransi, dan memiliki sikap saling menghormati pernah luntur akibat tragedi ini.

Sampai pada akhirnya dengan kesadaran perdamaian yang masih tersisa, masyarakat Ambon pun berjuang untuk pulih dari keterpurukan toleransi antar warga. Setelah masa reformasi perlahan-lahan masyarakat Ambon mulai menata kembali peradaban mereka dengan sikap toleransi yang hampir hilang. Streotipe masyarakat pun perlahan-lahan mulai membaik, terkhusus dalam memandang masyarkat yang berbeda agama. Walaupun perasaan canggung serta curiga masih terasa di benak masyarakat Ambon pada masa itu.

Pemerintah Indonesia tidak mau berdiam diri saja dalam melihat tragedi ini. Berbagai upaya pemulihan kehidupan di Ambon pun sudah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. Salah satu yang menjadi bukti nyata adalah dengan dibangunnya sebuah monumen Gong Raksasa yang bertajuk “Gong Perdamaian Dunia”. Monumen besar ini berada tepat di pusat kegiatan kota Ambon yang sempat hancur akibat kerusuhan SARA di tahun 1999. Letak monumen ini ada di dalam Taman Pelita yang tepat ada di tengah pusat keramaian Ambon. Monumen Gong Perdamaian Dunia ini diresmikan pada tanggal 25 November 2009 oleh Presiden Indonesia ke-6 Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Gong Perdamaian Dunia ini berdiameter sekitar 2 meter. Permukaannya berisi gambar-gambar bendera Negara di seluruh dunia, bagian tengahnya pun terdapat beberapa lambang agama-agama besar yang ada di dunia seperti Muslim, Kristen, Hindu, Budha, dan lain-lainya. Gambar ini ingin menjelaskan bahwa perbedaan yang ada seharusnya tidak menjadi permasalahan, melainkan persataun. Selain itu, lambang Pancasila sebagai ideologi bangsa ini diletakkan dibagian atas. Hal ini bertujuan supaya masyarakat bisa benar-benar menghidupi nilai-nilai yang ada di dalam pancasil, terkhusus nila-nilai toleransi antar umat beragama. Perlu diketahui juga, Gong Perdamaian serupa sudah banyak tersebar di seluruh penjuru dunia. Konon, kabarnya Gong Perdamaian di Ambon ini adalah yang ke-35.

Monumen Tugu Gong Perdamaian Dunia ini menjadi bentuk refleksi diri Bangsa tentang bagaimana seharusnya toleransi dalam bernegara itu dilaksanakan. Oleh karena itu, lewat monumen ini sebagai generasi penerus bangsa kita diingatkan untuk tetap menjaga nilai-nilai toleransi antar setiap manusia.

Sumber: www.indonesiakaya.com

0 comments on “GONG PERDAMAIAN DUNIA ADA DI INDONESIA!Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?