Film Pendek Samawi, Wujud Toleransi Kerukunan Umat Beragama di Banten

DUTADAMAIBANTEN.ID – Tepat Pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 75, Pemuda Katolik Serang bedah film SAMAWI yang menceritakan tentang pesan toleransi kerukunan umat beragama di Banten.

Sebait Kisah Merawat Toleransi atau SAMAWI merupakan sebuah karya film Ruang Karya Production yang menceritakan tentang pesan toleransi kerukunan umat beragama.

toleransi di banten

Dilansir dari redaksi24.com, Dalam pemutaran perdana film SAMAWI itu juga mendapatkan respon dari Pimpinan Gereja Kristus Raja, Romo Mardi. Dia mengatakan, film SAMAWI berisi toleransi adalah wujud keberagaman yang harus terus dibumikan di tanah Banten.

“Film SAMAWI yang digagas pemuda kreatif ini semoga menjadi motivasi untuk terus berkarya,” katanya usai bedah film di Auditorium Gereja Katolik Kristus Raja (GKR) Serang, Senin (17/8/2020).

Sementara itu, Pemateri bedah film SAMAWI, Hifdi Ridho yang juga merupakan Direktur Ciujung Institute (CI) mengungkapkan, isi dari film tersebut merupakan tugas ilahiyah yang mesti dibumikan di tanah Banten.

“SAMAWI merupakan agama langit yang mengajarkan tentang nilai-nilai kebaikan dan spirit menghargai nilai kemanusiaan,” ungkapnya.

Pihaknya juga berharap para pemuda dapat memetik hikmah di balik tayangan perdana short movie SAMAWI tersebut.

Disisi lain, Sutradara Film Samawi, Rasyid Ridho menjelaskan film SAMAWI berangkat dari kajian mingguan rutinitas Ciujung Institute yang melihat dan menganalisis soal keberagaman.

“Dengan film ini kita bisa mengedukasi masyarakat dalam bentuk video audio visual bahwa keberagaman adalah representatif nilai-nilai ke Indonesiaan,” tandasnya.(Adi/Difa/*Suryatma)

0 comments on “Film Pendek Samawi, Wujud Toleransi Kerukunan Umat Beragama di BantenAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?