Dwani Cancala: Apresiasi Seni Kota Serang

Bengkel musik Kebon Sora bekerjasama dengan Wonderful Dance Company (WDC) membuat suatu pagelaran seni yang bernama “Dwani Cancala.” Acara ini berlangsung selama dua hari di Panggung Pertunjukan Rumah Dunia, Kota Serang, Banten. Pertunjukan tersebut mampu menyita perhatian para penikmat seni dari dalam sampai luar Kota Serang.

Pelaksana Produksi Dwani Cancala, Ikhsan Gumilar menuturkan, ia tidak menyangka antusias penonton yang begitu luar biasa. “Saya tidak menyangka antusias warga di Kota Serang sangat luar biasa, karena di H-2 pelaksaan data penjualan tiket dibawah target. Tetapi di hari pertama pertunjukkan banyak sekali yang datang dengan membeli tiket secara on the spot,” ucap Ikhsan, Minggu (6/12).

Ikhsan juga menjelaskan, nama Dwani Cancala berasal dari dua suku kata yaitu Dwani dan Cancala. “Dwani sendiri memiliki makna bunyi-bunyian. Sedangkan Cancala memiliki arti bergerak atau bergetar,” katanya.

Acara ini juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi bagi para penggiat seni di Provinsi Banten khususnya di Kota Serang. “Kurang lebih sudah sembilan bulan kita dirumah saja, komunikasi juga hanya melalui media sosial, kurang afdol jika kita tidak saling bertemu,” imbuhnya.

Ia pun berharap acara Dwani Cancala ini dapat menjadi inspirasi atau pemacu semangat bagi pegiat seni lainnya untuk menggelar acara serupa di kemudian hari. “Suatu hari nanti semoga saya bisa menjadi penonton di acara serupa Dwani Cancala yang diselenggarakan oleh teman-teman,” harapnya.

Salah satu pengisi acara dalam Dwani Cancala, Haikal Fikri menuturkan, dirinya merasa sangat senang dengan dilaksanakannya acara tersebut. Pasalnya acara seperti baru pertama kali dilaksanakan di Kota Serang. “Saya sangat senang karena acara ini sangat mendapat antusias dari masyarakat Kota Serang,” ucapnya.

Dwani Cancala sendiri menyajikan sebanyak 16 penampilan, mulai dari kesenian mancanegara. Contonya “Tari Balang (巴郎)” yang berasal dari Tiongkok. Tari yang berasal dari Provinsi Xinjiang, Tiongkok Etnik Uyghur ini menggambarkan seorang pemuda yang sangat percaya diri, berkarismatik dan sangat rendah hati terhadap siapa pun yang menyapanya.

Tak hanya itu, Dwani Cancala juga menampilkan pertunjukan yang menggambarkan kehidupan di Kota Serang yaitu “Logatoratori”. Penampilan ini merupakan respon dari aktivitas urban di kota Serang yang melakukan aktivitas ditengah-tengah perbedaan, namun tetap menjunjung semboyan Kota Serang yaitu “Serang Madani”.

Penulis: Diky Gagan Nugraha

0 comments on “Dwani Cancala: Apresiasi Seni Kota SerangAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?