RELIGION IS NOT AN OPTION

Agama merupakan berkat dari Tuhan yang patut manusia syukuri, bukanlah sebuah kebetulan apabila Tuhan menghadirkan agama di tengah-tengah umat ciptaan-Nya. Pada dasarnya Tuhan mengaruniakan agama kepada umat-Nya dengan tujuan yang sudah ditentukan-Nya di awal, yaitu untuk menyadarkan manusia bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini tidak berada diluar kendali Dia. Berdasarkan Portal Informasi Indonesia terdapat 6 agama yang diakui di Indonesia yaitu; Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Khonghucu. Nilai yang terkandung di dalam setiap agama yang ada di Indonesia tidak ada yang bertentangan dengan nilai-nilai yang ada pada 4 Pilar Kebangsaan Indonesia, karena pada dasarnya proses pembentukan 4 Pilar Kebangsaan memiliki titik acuan yaitu agama sehingga tidak akan mungkin nilai-nilai yang di dalamnya bertentangan dengan nilai yang ada di dalam setiap agama di Indonesia. Hal yang perlu diketahui adalah pada dasarnya keenam agama tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memerdekakan setiap umat manusia, perbedaannya terletak pada doktrin dan cara untuk mencapai tujuan tersebut.
Apabila berbicara mengenai agama akan selalu berkaitan dengan karakter seseorang, sadar ataupun tidak sadar agama dengan doktrin yang ada di dalamnya sudah ikut berperan dalam pembentukan karakter setiap manusia. Pendidikan agama sudah ditekankan melalui pendidikan formal ataupun non-formal. Ketika kita masih mengenyam pendidikan di taman kanak-kanak pendidikan agama menjadi salah satu pembahasan yang ada di dalamnya serta berlanjut sampai sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas dan peruguruan tinggi. Tetapi tidak hanya melalui pendidikan formal pendidikan agama juga diajarkan melalui pendidikan non-formal dimulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga, lingkungan serta masyarakat luas. Jadi karakter kita tidak terlepas dari doktrin-doktrin agama yang kita percayai masing-masing. Sebagai generasi penerus bangsa kita patut bersyukur berada di negara ini walaupun dengan agama yang beragam kita mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk memerdekakan manusia dan tentunya memerdekakan tanah air kita tercinta, Indonesia. Seharusnya sudah bukan zamannya lagi apabila terjadi permasalahan agama di Indonesia, karena hal yang perlu kita sadari adalah Indonesia dibangun bukan hanya oleh satu golongan, ras ataupun agama. Tetapi ekspektasi yang kita punya selalu bertentangan dengan fakta yang ada, permasalahan agama tetap menjadi buah bibir di berbagai tempat serta media masa. Rasanya tidak perlu menjabarkan apa saja permasalahan yang ada di negara ini terkait masalah agama, karena tidak ingin terkesan menyudutkan satu agama tertentu saja. Jadi lebih baik sekarang kita sama-sama sadar, peduli dan bijak dalam menanggapi isu-isu yang ada. Karena ke 3 hal tersebut yang mungkin kurang dimiliki oleh masyarakat kita sehingga masih banyak permasalahan-permasalahan perihal agama di negara ini.
Secara keseluruhan agama merupakan ilham dari Tuhan yang sangat luar biasa, sehingga menjadi beragama bukanlah sebuah pilihan melainkan sebuah anugerah. Karena itu kita perlu menyampaikan ucapan syukur kita kepada Dia dengan cara yang tepat dan sesuai dengan apa yang diajarkan oleh agama kita masing-masing. Apapun agama kita ingatlah nilai-nilai yang ada di dalam agama tidak akan pernah mengajarkan kita untuk melakukan kekerasan, justru malah sebaliknya. Salam Damai !

0 comments on “RELIGION IS NOT AN OPTIONAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *