Belajar Sejarah di 5 Museum Seni Islam Terbesar Di Dunia

Museum menjadi salah satu desinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik museum di dalam negeri maupun di luar negeri. Karena, selain bisa melihat berbagai karya seni yang luar biasa, dan masing-masing karya seni memiliki cerita dan sejarah yang bisa kita pelajari. Begitu juga dengan kesenian Islam, belajar sejarah Islam sambil menjelajahi museum bisa menjadi hal yang tak akan terlupakan.  Dan, kali ini kita akan keliling ke 5 museum seni Islam terbesar di dunia.

Ada apa aja sih?

1. Museum of Islamic Art, Kairo

Museum of Islamic Art Cairo
egypttoday.com

Museum yang terletak dekat Abdeen Palace tepatnya di Bab el. Khalq ini dibuka pada 28 Desember 1903. Dulu, museum ini bernama House of Arabs Antiquities dan berganti nama menjadi Museum of Islamic Art pada tahun 1952. Museum of Islamic Art menjadi gudang sejarah paling penting untuk para ahli sejarah di seluruh dunia.

Museum ini memiliki koleksi sekitar 100.000 artefak peninggalan Islam dari Timur Tengah, Iran India bahkan Tiongkok. Selain dipenuhi oleh koleksi artefak dari berbagai negara, MIA juga membawa Kembali artefak-artefak bersejarah mulai dari Fatimiyyah, Ottoman, Mamluk, Qajar, Ummayad hingga Dinasti Muhammad Ali.

2. Museum of Islamic Art, Doha

Museum of Islamic Art Doha
source : wtjournal.com

Seorang arsitek bernama I.M. Pei membangun museum ini pada tahun 2008. Uniknya, museum ini terlihat seperti mengapung di atas laut karena dibangun di atas pulau buatan. Letaknya berbatasan langsung dengan Teluk Persia. Museum of Islamic Art ini didaulat menjadi museum Islam terbesar di dunia dan menjadi pusat Pendidikan dan informasi di bidang seni dunia Islam.

Banyak sekali benda-benda bersejarah yang ada di museum ini. Di sini kamu bisa melihat kiswah yang digunakan pada tahun ke 17 Masehi hingga 20 Masehi.  Koleksi Al-qur’an kuno sejak abad ke-3 hingga abad ke-19 yang  berjumah 800 buah. Museum ini memiliki banyak koleksi naskah kuno, dua di antaranya yang paling di sorot adalah Sertifikat Haji sepanjang 7 meter dan buku terpanjang di Dunia yaitu Shahnameh alias buku para raja.

Kerennya lagi di museum ini kamu bisa melihat langsung dua dari lima lembar Timurid Baysunghur Qur’an atau Alqur’an terbesar di dunia dan Astrolab Planisphenic, yaitu sebuah instrument ilmiah yang digunakan di seluruh dunia selama berabad-abad untuk menentukan waktu sholat dan menunjukkan arah Makkah.

3. The Aga Khan Museum, Toronto

Aga Khan Museum
source : agakhanmuseum.org

Aga Khan Museum adalah museum seni termegah di Amerika Utara, museum ini dibuka pertama kali pada 18 September 2014. Pembangunan museum ini dirancang oeh arsitek Jepang, Fumihiko Maki, bekerja sama dengan perusahaan Moriyama & Teshima local. Museum Aga Khan memiliki karakter tunggal dengan hanya menampilkan satu desain arsitektur modern, mengangkat tema arsitektur modern fungsionalis dengan tampilan sederhana komposisi kotak atau kubus.

Koleksi yang ada di Aga Khan Museum ini  dikumpulkan oleh Pangeran Sadruddin Aga Khan (1933-2003), yaitu paman dari Pangeran Karim Aga Khan. Kamu akan menemukan manuskrip Al Quran dari Afrika Utara yang dibuat sejak abad ke-10 dan ditulis dengan tinta. Kemudian, ada manuskrip Al Quran surat An-Naba yang ditemukan di Iran yang ditulis pada abad ke-8. Selain itu, manuskrip bersejarah di dunia seperti teks kedokteran Ibnu Sina, lukisan-lukisan bersejarah Persia, dan benda-benda bersejarah lainnya ada di museum ini.

4. The Pergamon Museum, Berlin

Pergamon Museum Berlin
Ishtar gate, pergamon museum

Pergamon museum terletak di Bodestrasse, Berlin, dibangun pada tahun 1910 hingga 1930 dengan gaya arsitektur neoklasik oleh arsitek Alfred Messel dan Ludwig Hoffman. Museum ini dibagi menjadi dua, yaitu museum Timur Tengah dan Museum Seni Islam. Di ruang khusus kesenian Islam inilah kamu akan diajak berkeliling melihat Islam dari masa kekhalifahan pertama hingga hari ini. Uniknya lagi, di museum ini ada sebuah ruangan khusus yang didedikasikan untuk mengenang Suriah sebelum masa peperangan.

Jumlah pengunjung yang mencapai lebih dari 1 juta pengunjung pertahun, membuat Pergamon Museum menjadi museum seni paling ramai di Jerman. Pengunjung akan dibuat takjub dengan megahnya Ishtar Gate yang berasal dari Babilonia, salah satu koleksi yang ada di museum ini. Gerbang Ishtar yang didekorasi dengan naga, singa dan banteng sebagai symbol dewa utama Babilonia ini menjadi merupakan yaitu gerbang ke-8 di kota Babilonia pada tahun 575 SM.

Museum Pergamon juga menyimpan banyak artefak sejarah dari Spanyol dan India sejak abad ke-8 hingga abad ke-19. Salah satu artefak paling menonjol adalah artefak Mshatta Façade yang berasal dari Istana perumahan gurun Mshatta dari abad ke-8.

5. The Turkish and Islamic Arts Museum, Istanbul

source : https://istanbultourstudio.com/

The Turkish and Islamic Arts Museum ini terletak di dekat Masjid Sultan Ahmet atau Blue Mosque. Di Museum yang berada di bangunan yang bernama Pasha Palace ini kamu bisa melihat peninggalan sejarah dari kerajaan Ottoman, salah satu kerajaan Islam terbesar yang pernah ada. Beberapa koleksi bersejarah dari masa Nabi Muhammad juga dipamerkan di museum ini.

Museum yang dulunya bernama Islamic Foundation Museum ini dibangun oleh Pargali Ibrahim Pasha, seorang perdana Menteri (Wazir agung) di negara bagian, pada abad ke-16. Di sini kamu bisa mengamati sejarah yang saling berkaitan antara Turki dan Muslim, karena karya-karya seni yang sangat penting dari Islam dan sejarah Turki dilestarikan di sini.

Karya-karya yang ada di museum ini terutama berasal dari Turki Seljuk dan era Ottoman. Alqur’an yang ditulis tangan dan karya keagamaan lainnya dari masa kekhalifahan juga ditampilkan di Museum Seni Islam Turki ini.

Banyak hal dari Islam yang bisa dinikmati, salah satunya dengan menikmati keindahan peradaban yang dibawa sejak jaman Rasulullah.

 

 

 

 

Refferences :

https://www.era.id/read/Q9UA66-tur-virtual-ke-museum-islam-terbesar-di-duniahttps://musliminc.com/5-museums-with-the-largest-collection-of-muslim-art-3898https://www.egypttoday.com/Article/4/48720/The-largest-Islamic-Museum-deserves-a-visithttps://www.berlin.de/en/museums/3108456-3104050-pergamonmuseum.en.htmlhttps://www.wego.co.id/berita/5-museum-seni-islam-terbesar-di-dunia/https://www.agakhanmuseum.org/

0 comments on “Belajar Sejarah di 5 Museum Seni Islam Terbesar Di DuniaAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sobat Damai ?